BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan LOKAKARYA CARA BARU UNTUK BELAJAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam damai sejahtera bagi kita semua



Yang saya hormati:


  • Direksi Google dan jajarannya;

  • Direksi “belajar.id” dan jajarannya;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian, khususnya para peserta lokakarya.



Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk berjumpa, dalam acara Lokakarya "Cara Baru untuk Belajar" yang digagas oleh Google, dengan inisiatifnya: “Google for Education”.



Hadirin sekalian,


Hari ini, kita berada di tengah tatanan dunia yang telah berubah secara mendalam. Pandemi Covid-19 yang melanda,  telah mengubah tidak hanya cara hidup, tetapi juga cara kita belajar. Dan di tengah transformasi besar ini, mari kita sampaikan apresiasi tulus, kepada berbagai inovasi, yang turut mengubah wajah pendidikan kita menjadi model  E-Learning dan pembelajaran mandiri.


Saat-saat sulit di era pandemi, telah memaksa kita untuk mencari cara baru untuk belajar, dan E-Learning adalah jawabannya. Pendidikan bukan lagi hanya terbatas pada dinding-dinding kelas, melainkan telah meluas hingga ke dunia maya. Ini adalah perubahan besar yang akan membentuk masa depan pendidikan kita.


Di masa-masa gelap ketika pandemi, kita harus mengakui peran penting perusahaan teknologi seperti Google. Google telah berinvestasi dalam pengembangan perangkat Chromebook, yang telah menjadi jembatan antara kita dan dunia pengetahuan. Chromebook bukan hanya alat, tetapi pintu menuju pengetahuan global.


Selain itu, apresiasi juga tidak boleh kita lupakan kepada “belajar.id”, sebuah platform yang telah mengubah cara kita mengakses pembelajaran. Ini adalah manifestasi nyata dari inovasi dalam pendidikan. Platform ini tidak hanya memberi kita akses ke sumber daya pendidikan, tetapi juga menghubungkan kita dengan guru, dan teman-teman sekelas dari seluruh penjuru negeri.


Dengan berbagai perkembangan teknologi, saya optimis, bahwa dunia edukasi akan mencapai taraf, di mana setiap warga memiliki akses ke pendidikan berkualitas, dan tidak terbatas oleh geografi atau keterbatasan fisik. Ini adalah tataran ideal yang mungkin terasa utopis, tetapi akan kita raih dalam genggaman melalui implementasi E-Learning.


Dengan semangat inovasi dan tekad kuat, kita bisa menciptakan masa depan di mana pendidikan adalah hak untuk semua, bukan hanya priviledge untuk beberapa kalangan saja. Untuk itu, mari bersama-sama membangun dunia di mana ilmu pengetahuan, kebijakan, dan teknologi bekerja bersama, untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.


Saya mewakili Pemda DIY, senantiasa menyambut hangat setiap uluran kerjasama dan kolaborasi untuk memajukan pendidikan, sebagai prime mover menuju kesejahteraan.


Akhir kata, saya sampaikan apresiasi kepada Google dan “belajar.id” yang telah berkontribusi dalam perubahan ini, dan mari kita terus memimpin perubahan, menuju dunia yang lebih baik dan penuh harapan.


Selamat mengikuti Lokakarya!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 20 September 2023