BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PEMBUKAAN PRIMA FEST, PERESMIAN PUSPAGA PRIMA DIY, DAN UPT BALAI PPA DIY

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

  • Kepala Dinas P3AP2 DIY,

  • Para Tamu Undangan, dan Saudara Sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.




Hadirin sekalian,

Dalam bidang ekonomi, potensi kewirausahaan perempuan di Indonesia memegang peranan yang sangat penting. Perempuan bukan sekedar angka atau penambah pemasukan dalam keluarga, tetapi memiliki peran yang vital dalam peningkatan ekonomi keluarga maupun nasional. Untuk itu, diperlukan dorongan, dukungan, serta fasilitasi, agar perempuan dapat menyadari serta memaksimalkan potensinya untuk turut serta dalam pembangunan melalui partisipasi di sektor ekonomi.

Di DIY, Pemerintah Daerah telah menginisiasi Program Desa PRIMA. Ini merupakan program untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam suatu wilayah, melalui peningkatan produktivitas ekonomi. Harapannya, tercipta kehidupan yang lebih baik dan dapat berujung pada peningkatan ketahanan keluarga. Ketahanan keluarga sendiri mengacu pada kemampuan suatu keluarga untuk mengatasi dan bertahan dalam menghadapi tekanan, tantangan, dan perubahan yang dapat mempengaruhi stabilitas dan keberlanjutan kehidupan keluarga.

Adapun PUSPAGA atau Pusat Pembelajaran Keluarga, merupakan lembaga yang bertugas mempromosikan pola hidup sehat dan adil dalam keluarga, memfasilitasi komunikasi yang baik antara anggota keluarga, memberikan pemahaman tentang peran dan tanggung jawab anggota keluarga, serta memberikan dukungan emosional dan sosial untuk keluarga yang mengalami krisis. Dengan adanya PUSPAGA, diharapkan keluarga dapat mengembangkan kemampuan untuk mengatasi perubahan dan tekanan, serta menjaga stabilitas dan keberlanjutan kehidupan keluarga.

Lebih jauh, Pemerintah DIY menyadari, bahwa agar skema pemberdayaan Perempuan di Bidang ekonomi dapat berjalan dengan se-efektif dan se-efisien mungkin, sinergi antara Desa PRIMA dengan PUSPAGA adalah hal yang krusial. Meski disadari pula, bahwa yang paling utama sesungguhnya ada pada antusiasme dan partisipasi masyarakat, khususnya kaum perempuan yang menjadi target sasaran.

Sehingga, besar harapan kami Pemda DIY, bahwa launching PUSPAGA PRIMA beserta seluruh rangkaian agenda Prima Fest ini mendapat tanggapan dan reaksi positif dari seluruh elemen masyarakat. Mari maknai kegiatan ini sebagai “undangan” dari kami, Pemerintah Daerah DIY, kepada seluruh elemen yang ada, untuk turut memberi kontribusi sesuai dengan batasan kewenangannya masing-masing, dalam memajukan DIY, yang mendapat dukungan penuh dari tangan-tangan berdaya kaum perempuannya.

Sekian dan terima kasih.


Wassalamualaikum Wr. Wb.,

 

Yogyakarta, 22 September 2023