BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan TABLIGH AKBAR “URIP IKU URUP”

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,


Puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir bersama dalam majelis hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.



Hadirin yang dimuliakan Allah,

Al-Qur’an telah menegaskan bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan bentuk terbaik (ahsanu taqwim). Manusia memiliki keistimewaan dan dibekali akal pikiran yang membuatnya kreatif dan menjalani hidup dengan penuh makna.


Manusia ditakdirkan tidak bisa hidup sendirian. Ia pasti membutuhkan yang lain, baik yang berkenaan dengan manusia maupun alam sekitar. Karena itu menolong orang lain yang membutuhkan termasuk perbuatan yang sangat ditekankan. Tolong menolong menjadi ajakan utama yang diulang-ulang dalam Al-Qur’an maupun hadits.



Hadirin yang dirahmati Allah,


Seperti hadist Nabi, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain. Sebab, menjadi orang baik saja, tidak cukup. Perlu ada ikhtiar untuk menjadi orang yang bermanfaat. Prinsip ini harus kita pedomani bersama dalam perjalanan hidup bermasyarakat.


Untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain butuh perjuangan, pengorbanan dan sebagainya. Setiap individu bisa memberi manfaat sesuai dengan posisinya masing-masing.


Demikian yang dapat saya sampaikan. Mari menebar kebermanfaatan untuk orang lain dengan mulailah dari diri sendiri, dari hal yang kecil, dan mulailah saat ini juga. Semoga Allah SWT meridhai langkah kita.


Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

 

Yogyakarta, 23 September 2023