BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Biro UHP Peringkat 3 Besar Lomba Gobag Sodor

Biro UHP Peringkat 3 Besar Lomba Gobag Sodor

Yogyakarta (26/09/2023) jogjaprov.go.id -  Lomba Permainan Tradisional Gobak Sodor antar OPD Pemda DIY bertema

'Ngleluri Kabudayan Lumantar Olahraga Tradisional'  sukses digelar di GOR Amongrogo  mulai Senin (25/09/2023) hingga Selasa (26/09/2023). Ajang permainan sekaligus olahraga tradisional yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) ini pun mendapatkan sambutan yang luar biasa sehingga direkomendasikan digelar setiap tahunnya.

Secara keseluruhan perlombaan Gobak Sodor  dari babak penyisihan hingga final yang dibagi menjadi dua tim yaitu tim putra dan tim putri ini berlangsung seru dan membahagiakan. Untuk tim putra, Juara I diraih  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Juara II Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Juara III Biro Umum, Humas dan Protokol (UHP) serta Juara Harapan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUP ESDM).

Selanjutnya, perlombaan permainan tradisional Gobak Sodor untuk tim putra, Juara I dimenangkan RS Paru Respira, Juara II Biro UHP, Juara III Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Juara Harapan Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Para pemenang mendapatkan hadiah televisi, plakat dan boneka Srikandi maskot Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY.

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan  kekompakan, usaha dan sportivitas antar OPD Pemda DIY ditunjukkan melalui lomba olahraga tradisional Gobak Sodor ini. Perlombaan permainan tradisional ini justru menjadi momentum membangun dan menjalin kembali paseduluran sak lawase atau persaudaraan selamanya.

"Semua senang, bahagia dan bergembira. Saya ucapkan terima kasih kepada Kundha Kabudayan DIY telah menginisiasi perlombaan permainan tradisional Gobak Sodor antar OPD Pemda DIY yang luar biasa ini. Saya sengaja menyempatkan kesini supaya ikut bersenang-senang ," ujar Beny menutup Lomba Permainan Tradisional Gobak Sodor antar OPD Pemda DIY, Selasa sore (26/09/2023).

 

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY