BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home

Wagub DIY Paku Alam IX Buka Jambore Pramuka SLB.

SLEMAN,(12/05/2014) Sebagai lembaga pembentuk karakter,pramuka mempunyai beberapa potensi, salah satunya adalah Pramuka Luar Biasa (PLB).

Wakil Gubernur Paku Alam IXBuka Kegiatan Jambore SLB di Youth Center Mlati Sleman,12/0 (Foto: Eko W)

Sejalan dengan hal tersebut, Sekolah Luar Biasa (SLB) yang berada di DIY, telah berhasil mengembangkan pramuka sebagai kegiatan ektrakurikuler, terbukti keikutsertaan pada Jambore Pramuka SLB tahun 2014, demikian sambutan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX, yang sekaligus sebagai Ketua Kwartir Daerah XII. DIY, saat membuka Jambore Pramuka SLB tahun 2014, di Youth Centre, Senin sore (12/05).ditandai dengan pemukulan Bende dan Pelepasan Balon.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai lembaga? pendidikan formal yang mendidik anak-anak berkebutuhan khusus, yaitu Sekolah Luar Biasa (SLB) telah membuktikan, ditengah keterbatasannya itu,? ternyata, tersimpan potensi yang luar biasa.

Sebagai anggota pramuka biasa, sandi hanya dimaknai sebagai media pembelajaran yang dapat melatih ketelitian, daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi, sementara sebagai pramuka luar biasa, sandi merupakan alat komukasi yang nyata, bukan sekedar simulasi.

?Dengan mengikuti pramuka, maka kalian akan belajar untuk mandiri, demikian juga dengan berkemah merupakan media yang tepat untuk menerapkan kemandirian?, kata? ''Sri Paduka Paku Alam IX''

Kegiatan jambore ini, harus dimaknai sebagai salah satu wahana yang baik, guna meningkatkan rasa nasionalisme, sikap saling menghormati, dan menciptakan generasi muda yang jujur, tangguh mandiri, pekerja keras.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY, Drs.Baskara Aji, dalam laporanya menjelaskan,

Meskipun Menyandang Disabilitas mereka tetap semangat ikuti kegiatan Jambore SLB 2014 di Sleman 12/0 (Foto:Eko W)

kegiatan jambore SLB ini merupakan pembinaan Pramuka Luar Biasa (PLB), dengan tujuan, mendidik karakter dan melatih kemandirian bagi siswa Anak Berkebutuhan Kusus (ABK), dan kegiatan jambore ini diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal, 12-14 mei 2014.

Kegiatan jambore ini diikuti oleh 80 regu, terdiri? dari 53 regu putra, dan 27 regu putri, serta 10 instruktur, 2 pengawas PLB dan 1 orang Kepala SLB dengan 2 orang guru yang berijasah Keterampilan Pramuka Mahir Dasar (KMD)

Turut hadir dalam pembukaan jambore SLB di antaranya, Sekretaris Disdikpora DIY, Kabid PLB dan Dikdas, Kepala BPO DIY, Ketua Kwarcab Kota serta Kepala SLB Negeri dan Swasta se DIY,? acara dilanjutkan dengan beberapa penampilan anak-anak SLB, yang akan mewakili DIY ditingkat Nasional dalam bidang Seni, Olimpiade Sain dan Olahraga? pada bulan Juni mendatang di Semarang. (ip/skm/Kar)