BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KUNJUNGAN KERJA PIMPINAN DAN ANGGOTA PANSUS II DAN III DPRD KABUPATEN KARANGANYAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat sejahtera bagi kita semua.


Yang kami hormati,

  • Pimpinan serta Anggota Pansus II dan III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar;

  • Para Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY;

  • Hadirin serta Tamu Undangan sekalian yang berbahagia.


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dalam rangka Kunjungan kerja Pimpinan dan Anggota Pansus II & III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar ke Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam keadaan sehat wal’afiat.



Bapak/Ibu sekalian,


Dalam rangka penerapan pariwisata berbasis masyarakat, maka perlu adanya pengaturan peran masyarakat dalam bentuk kelompok sadar wisata dan desa/kampung wisata. Pengaturan peran masyarakat dalam bentuk kelompok sadar wisata dan desa/kampung wisata bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum.


Untuk itu, pemerintah daerah DIY telah menerbitkan regulasi berupa Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 40 Tahun 2020 tentang Kelompok Sadar Wisata dan Desa/Kampung Wisata. Regulasi ini merupakan bentuk komitmen serius dari Pemda DIY dalam mengembangkan desa wisata dan menjadikan desa wisata naik kelas.

Pemda DIY patut berbangga dengan diraihnya Desa Wisata Nglanggeran sebagai satu-satunya wakil Indonesia yang meraih predikat Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 atau Best Tourism Village dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO).


Raihan ini tentu merupakan keberhasilan dari program Community Based Tourism (CBT) atau pemberdayaan masyarakat di daerah destinasi wisata yang diterapkan di Nglanggeran. Kami terus melakukan upaya pengembangan desa-desa wisata lain di DIY agar dapat bersaing di kancah internasional.

Selain penguatan kelompok sadar wisata, dilakukan juga pembinaan dan pelatihan SDM yang ada di desa wisata serta pendampingan agar desa wisata dapat terintegrasi satu sama lain.


Demikian sekiranya sedikit gambaran yang dapat kami sampaikan sebagai pengantar dalam pertemuan ini. Berkaitan dengan materi kunjungan kerja yang lebih mendalam dan teknis, telah dipersiapkan data-data dan penjelasan secara rinci oleh OPD terkait.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

 

Yogyakarta, 08 November 2023