BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PAGELARAN WAYANG KULIT DALAM RANGKA HUT KE-70 GEMBIRA LOKA ZOO

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat sejahtera bagi kita semua.


Yang saya hormati:

  • Direktur Utama Gembira Loka Zoo beserta jajaran;

  • Ki Catur Benyek Kuncoro;

  • Para Tamu Undangan, Para Penonton dan Pendengar, serta hadirin sekalian.



Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diperkenankan untuk hadir menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Kresna Gugah dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Mengadaptasi pendapat Franz Magnis-Suseno, sekurang-kurangnya ada empat nilai tersirat dalam Hakikat Wayang. Pertama, wayang bernafaskan keluasaan pandangan, yang mengedepankan dialog dalam mencari solusi atas perbedaan. Kedua, wayang bernafaskan toleransi terhadap pluralitas. Ketiga, yang dijunjung tinggi dalam wayang adalah kadar kemanusiaan, dan bukan atas dasar asal-usul. Keempat, wayang bukan sederetan ajaran teoritis.

Wayang bukan sekadar seni pertunjukan. Wayang adalah ekspresi nilai-nilai masyarakat, khususnya Jawa. Wayang adalah sebuah lokus, dimana semua teori-teori umum dipatahkan. Dalam wayang kita ditawari kemungkinan-kemungkinan hidup manusia. Wayang juga menjadi sarana untuk mendiseminasi informasi yang berkaitan dengan kondisi masyarakat saat ini.

Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan apresiasi kepada Gembira Loka Zoo yang turut nguri-uri kabudayan dengan menyelenggarakan pagelaran wayang kulit untuk merayakan 70 tahun eksistensinya.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Selamat menyaksikan dan mengambil nilai-nilai dari lakon Kresna Gugah malam ini.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 09 November 2023