BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN PELANTIKAN DIREKTUR UTAMA, DIREKTUR KEUANGAN, DAN DIREKTUR OPERASIONAL PT. ANINDYA MITRA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang saya hormati:

  • Ketua DPRD DIY;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Para Komisaris Utama di lingkungan BUMD DIY;

  • Para Direktur di lingkungan BUMD DIY;

  • Mitra Kerja BUMD DIY;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian, khususnya Jajaran Direksi PT. AMI yang dilantik hari ini.




Dirunut dari sisi sejarahnya, PT. Anindya Mitra Internasional, adalah salah satu BUMD yang dimiliki oleh Pemda DIY, yang didirikan pada Tahun 1987, dengan nama Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa Anindya.


Cikal bakal PT AMI ini, merupakan gabungan beberapa Perusahaan Daerah, yang dimiliki oleh Pemda DIY. Dalam perkembangannya, Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa Anindya, kemudian berubah menjadi PT. Anindya Mitra Internasional (PT. AMI), dengan unit bisnis meliputi realty, transportasi, pariwisata, percetakan, air minum dan pertambangan.



Hadirin sekalian yang saya hormati,


Seiring dinamika pergerakan zaman, serta dalam upaya memenuhi ekspektasi masyarakat, maka organizational recharge, atau perubahan-perubahan organisasi ke arah upgrade service quality dan capacity development, menjadi syarat mutlak untuk meningkatkan kinerja PT. AMI. Dalam hal ini, kapasitas managerial leadership menjadi poin kunci.


Organizational recharge, dapat diibaratkan selayaknya baterai atau aki mobil, yang harus diisi ulang selang waktu tertentu. Bisa dibayangkan, jika mobil tak pernah di-charge, satu saat tentu tidak bisa di-starter.  Jika setiap pagi mobil itu harus didorong, maka mesinnya pun bisa rusak. Tak berbeda dengan eksistensi organisasi bisnis. Seperti halnya mobil, juga memerlukan pengisian baterai, dan baterainya adalah manusia yang menjadi penggerak manajemen. Manajemen yang dipimpin oleh Direksi, merefleksikan wujud kerjasama, sehingga timnya pun juga harus di-charge.


Demikian pula momentum hari ini, Pelantikan Direksi PT AMI ini sesungguhnya adalah juga bagian dari usaha “recharge the team”. Recharge ini diharapkan dapat memberikan suntikan semangat baru, agar mampu meningkatkan kinerjanya di tengah persaingan dunia usaha yang semakin ketat sekarang ini.



Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,


Pemilihan Direksi yang berakhir dengan pelantikannya hari ini, memang sudah lewat fit and proper test, melalui pencermatan dari aspek-aspek profesionalisme dan kompetensi, serta penjabaran visi-misi ke dalam strategic planning dan langkah-langkah operasional.


Kematangan strategic planning menjadi kunci, karena BUMD juga menyandang misi sebagai Actor of Development, dengan memberikan pelayanan publik bagi masyarakat, seiring upaya memberi benefit bagi Pemda DIY, berupa kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah.


Untuk itu, Jajaran Direksi baru dan dengan semangat yang baru, diharapkan dapat meningkatkan kinerja PT AMI. Perlu saya sampaikan, merujuk pada Laporan Keuangan Tahun Buku 2022, yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik, total aset PT. AMI mencapai Lima Puluh Lima Koma Dua Enam Miliar Rupiah (Rp 55,26 Milyar) dan  laba bersih setelah pajak sebesar Satu Koma Lima Tujuh Miliar (Rp 1,57 Milyar).


Berkenaan dengan keberadaan aset dan nilai laba tersebut, terdapat beberapa  hal yang patut menjadi perhatian jajaran Direksi PT. AMI periode masa jabatan Tahun 2023-2028, yaitu untuk meningkatkan nilai laba, yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.


Upaya meningkatkan laba tersebut, dapat diupayakan dengan optimalisasi  berbagai aset yang dimiliki PT. AMI, antara lain Hotel Jogja Loman (Ex Prime Plaza), sebagian Hotel Maliabara, Kawasan Telogo Putri, Taman Bermain Kaliurang, Villa-Villa Di Kaliurang, Ex-Sagan Resto, Bangunan Mirota Batik, dan beberapa aset tanah atau bangunan gedung lainnya.


Selain itu, Jajaran Direksi diharapkan dapat meningkatkan diversifikasi produk, meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan, meningkatkan kemampuan pemasaran, serta upaya lain yang sekiranya diperlukan untuk menjaga kesehatan ekonomi PT.AMI.


Untuk itulah, pasca pelantikan ini, Jajaran Direksi harus bergerak cepat untuk merumuskan tata hubungan kerja organ perseroan; menyusun rencana bisnis; menyusun rencana kerja perusahaan; dan mempersiapkan kerja sama dengan mitra-mitra potensialnya. Kesemua itu, harus mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas.


Dengan pesan seperti itulah, saya memberikan bekal bagi jajaran Direksi PT. AMI periode masa jabatan Tahun 2023-2028.


Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, agar Saudara-Saudara semuanya dapat menjalankan good corporate governance bagi PT. Anindya Mitra Internasional dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, Saya ucapkan: “Selamat bekerja dan mengabdi!”


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




Yogyakarta, 9 November 2023