BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENGANUGERAHAN “50 INDONESIA BEST OF THE BEST AWARD 2023”

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.


Pertama-tama mari mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang masih memperkenankan kita untuk mengikuti agenda kegiatan pada hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.


Hadirin dan saudara-saudara sekalian,

Kita sedang berada pada era perubahan besar: Industri 4.0, yang ditandai dengan transformasi digital di segala lini kehidupan, diikuti dengan konsep Masyarakat 5.0, dimana transformasi digital tadi dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk membangun sebuah peradaban yang lebih human-centered. Di saat yang sama, kita juga sedang berada di era VUCA, yang tidak sekedar mentransformasi, melainkan secara nyata juga telah mendistorsi seluruh aspek kehidupan.

Dalam konteks berbangsa dan bernegara, untuk dapat bertahan dan bertumbuh di tengah transformasi serta untuk keluar dari (atau “berdamai” dengan) distorsi, dibutuhkan dukungan, kolaborasi, dan kontribusi aktif dari seluruh elemen yang ada (termasuk kalangan pelaku usaha, pendidik, dan sebagainya); dibutuhkan manusia-manusia tahan banting yang kreatif dan inovatif, manusia-manusia yang dapat menjadi agen perubahan, sumber inspirasi, serta sosok panutan.

Adapun penghargaan hari ini dimaksudkan sebagai ajang introduksi, rekognisi, serta publikasi para pribadi serta perusahaan terpilih, yang dianggap telah berhasil menorehkan prestasi, memberi kontribusi, serta menjadi inspirator pada bidangnya masing-masing.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan Selamat, sekaligus menyampaikan apresiasi kepada saudara-saudara semua, para penerima penghargaan. Ini adalah wujud pengakuan publik atas kontribusi serta pencapaian saudara-saudara semua, baik yang dilakukan atas nama pribadi ataupun atas nama institusi yang saudara wakili.

Besar harapan kami, agar pengakuan ini dapat menjadi satu lagi motivasi untuk berkarya, serta dapat mempertegas komitmen personal ataupun institusional: untuk senantiasa terlibat dalam upaya-upaya membangun dan memandirikan bangsa. Mari terus tingkatkan daya saing, keunggulan kompetitif, kredibilitas, sehingga pada akhirnya nanti dapat memperoleh pengakuan yang lebih luas, serta mendatangkan manfaat yang lebih besar.

Akhirnya, semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberi petunjuk, bimbingan, perlindungan dan kemudahan dalam setiap langkah dan upaya kita semua.

Sekian dan terima kasih.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 10 November 2023