BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan LAUNCHING CALENDAR OF EVENT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2024

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat sejahtera bagi kita semua.


Yang saya hormati:

  • Perwakilan Kemenparekraf RI;

  • Direktur BOB;

  • Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY

  • Para stakeholder dan pegiat pariwisata;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.


Syukur Alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas izin-Nya kita dapat menghadiri kegiatan Launching Calendar of Event Daerah Istimewa Yogyakarta 2024 dalam keadaan sehat wal’afiat.


Bapak/Ibu dan Saudara yang saya hormati,


Pariwisata memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perputaran roda perekonomian, tidak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta. Core business DAerah IStimewa Yogyakarta pun beralih dari industri primer ke tersier atau jasa. Diharapkan nantinya sektor jasa termasuk pariwisata akan menjadi unggulan dan andalan dalam peningkatan ekonomi DIY.

Hal ini sesuai dengan visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2005-2025. Dimana diharapkan DIY pada tahun 2025 sebagai Pusat Pendidikan, Budaya dan Daerah Tujuan Wisata terkemuka di Asia Tenggara dalam lingkungan Masyarakat yang Maju, Mandiri dan Sejahtera.

Pengembangan kegiatan kepariwisataan di DIY yang termuat di dalam Visi Pembangunan DIY tahun 2025 kemudian dijabarkan di dalam misi bahwa perlunya mewujudkan kepariwisataan yang kreatif dan inovatif, mengingat sektor pariwisata menjadi salah satu sektor andalan DIY.

Bapak/Ibu dan Saudara yang saya hormati,

Tujuan dari Launching Calendar of Event DIY 2024 ini antara lain, pertama, memperkenalkan Calendar of Event DIY kepada khalayak luas. Kedua, menginspirasi calon wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta. Ketiga, memberikan informasi penyelenggaraan event secara lengkap kepada wisatawan yang akan berkunjung ke DIY. Sehingga mereka dapat mengatur jadwal liburan dengan lebih baik. Dan keempat, mensinergikan penyelenggaraan event di wilayah DIY.


Sesuai dengan tema yang diusung pada penyelenggaraan launching tahun ini yaitu “Journey to Wonderful Jogja”, diharapkan wisatawan dapat menikmati pengalaman event-event pariwisata dan budaya di DIY serta mengangkat kembali pariwisata Jogja melalui event-event unggulan.


Sebelum saya akhiri, saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan dari seluruh pihak. Sehingga kegiatan hari ini dapat terlaksana dengan baik. Untuk para rekan media, saya harap juga dapat membantu untuk menyebarluaskan informasi penyelenggaraan event 2024 kepada masyarakat luas.

Terima kasih.

 

Yogyakarta, 17 November 2023