BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan JOGJA INTERNATIONAL HERITAGE WALK (JIHW) 2023

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.


Yang saya hormati:

Kepala Dinas Pariwisata DIY beserta seluruh tim pendukung kegiatan, Para Tamu Undangan, Seluruh Peserta JIHW, dan Saudara sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Tentu tidak berlebihan, jika saya mengatakan bahwa Pandemi Covid-19 telah mentransformasi seluruh aspek kehidupan. Salah satunya adalah perubahan pola pikir, bahwa “menjaga kesehatan” penekanannya adalah pada “mencegah”, bukan pada “mengobati”, bahwa menjadi sehat dan bahagia tidak harus dengan cara-cara yang mahal, serta bahwa “obat” bagi kesehatan jiwa dan raga sesungguhnya telah disediakan oleh alam. Di bidang pariwisata, transformasi pola pikir ini telah memperlebar potensi dan peluang pengembangan sport tourism. Di DIY, potensi dan peluang tadi dihidupkan melalui Jogja International Heritage Walk (JIHW).

Sebagaimana yang tentu sudah diketahui bersama, JIHW pada intinya merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah DIY, untuk mempromosikan destinasi wisata dan rute baru yang ada di wilayah DIY, khususnya kepada peserta Internasional, serta sebagai upaya untuk mengkampanyekan budaya hidup sehat sekaligus sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Itu semua sejalan dengan spirit yang diusung oleh International Marching League (IML), bahwa jalan kaki adalah kegiatan yang penuh unsur kebaikan: “a blessing for the body, and soul, and society”. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat berolahraga sekaligus “berkenalan” lebih jauh dengan DIY: The land, the people, and its culture.

Teriring semangat itu pula, saya, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat DIY, mengucapkan selamat datang di Jogja, kepada seluruh peserta Jogja International Heritage Walk 2023. Adalah komitmen kami, untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan dapat berlangsung dengan lancar dan sukses. Untuk itu, saya mohon dukungan dan kerjasama dari saudara-saudara semua, untuk bersama-sama mengupayakan agar acara ini dapat menjadi sebuah pengalaman menyenangkan dan berkesan bagi kita semua.

Have a fun walk!

Sekian dan terima kasih.


Wassalamualaikum Wr., Wb.

 

Yogyakarta, 18 November 2023