BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Keynote Speech LOKAKARYA “CARA BARU UNTUK BELAJAR” GOOGLE FOR EDUCATION BERSAMA KEMENTERIAN PENDID

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang kami hormati:

  • Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek RI, Bapak Irwan Syahril;

  • Country Lead Google for Education Indonesia, Ibu Olivia Husli Basrin;

  • Direktur PT. Pegasus Nusantara Jaya Abadi selaku Google Partner For Education;

  • Bupati/Walikota se-DIY;

  • Para Kepala Dinas Pendidikan se-DIY;

  • Para peserta dan hadirin sekalian yang berbahagia,

 

 

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini kita dapat hadir bersama dalam keadaan sehat. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Lokakarya “Cara Baru untuk Belajar” dari Google for Education.

 

Saya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini sebagai upaya mendorong optimalisasi pemanfaatan teknologi pendidikan, khususnya perangkat Chromebook dan Akun Pembelajaran nasional belajar.id, dengan melibatkan para pejabat daerah, dinas pendidikan kota/kabupaten, serta pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru.


Hadirin sekalian,


Peningkatan mutu pendidikan masih menjadi salah satu program prioritas kami. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, kami fokus melakukan beberapa hal, antara lain:


  1. Penggunaan teknologi untuk mendukung kemajuan pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta


Teknologi telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan telah merevolusi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Dengan adanya teknologi dapat meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan, kualitas pembelajaran, efisiensi dan efektivitas tenaga pendidik serta meningkatkan lima Keterampilan Global (Global Skills), yaitu Problem Solving Skills, Collaboration Skill, Communication Skills, Critical Thinking Skills, dan Creativity Skills.

 

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen untuk mendorong pemanfaatan teknologi demi kemajuan pendidikan. Sejak tahun 2006, DIY telah meletakkan fondasi pengembangan TIK melalui program Digital Government Services (DGS) dan dilanjutkan dengan Jogja Smart Province Fase I (2019-2023) yang telah menghasilkan berbagai inovasi teknologi di aspek struktur, suprastruktur dan infrastruktur. Ke depan, pengembangan Jogja Smart Province ini juga akan mendukung upaya memajukan sektor pendidikan di DIY.

 

  1. Penerapan inovasi dalam pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Pemda DIY telah melakukan berbagai inovasi pendidikan yang memanfaatkan teknologi, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal PAUD DASMEN.

 

Inovasi tersebut meliputi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran, pengembangan aplikasi dan media pembelajaran berbasis TIK, pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas guru, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan.

 

Kami juga bekerja sama dalam pemanfaatan PMM (platform Merdeka Mengajar), kegiatan dalam Sekolah penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka di wilayah DIY, dan pemanfaatan Platform infrastruktur dari Google for Education yaitu dalam utilisasi akun guru dan akun siswa dalam domain pendidikan belajar.id.

Selain itu, melalui Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dikpora DIY, kami juga telah mengembangkan Jogja Belajar Class (JB Class) dengan sasaran pendidik dan peserta didik untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. JB Class ini merupakan kelanjutan dari pengembangan program pemanfaatan TIK untuk pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan di DIY.

 

Menjadi harapan kita bersama, DIY dapat menjadi daerah percontohan bagi sekolah-sekolah yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajarannya. Sehingga kedepan, sekolah rujukan ini akan bermanfaat dalam pengembangan wujud adanya transformasi pendidikan berbasis digital dapat berlangsung.

 

 

Hadirin sekalian, Bapak Ibu Guru serta peserta lokakarya yang berbahagia,

 

Memajukan pendidikan di DIY menjadi tanggung jawab kita bersama. Perlu adanya komitmen dan inovasi, serta sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak. Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada para Kepala Dinas Pendidikan agar terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan serta terus mendorong dan mendukung guru dan tenaga kependidikan untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

 

Kami mendukung dan menyambut baik adanya kolaborasi seperti yang telah kita lakukan saat ini. Harapannya, langkah ini akan terus dikembangkan dan semakin banyak memberikan manfaat bagi siswa maupun tenaga pendidik.

 

Hadirin sekalian,

 

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan sinergi dan kolaborasi ini kita dapat bersama-sama memajukan pendidikan di DIY. Terima kasih.

 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 20 November 2023