BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan CUSTOMER GATHERING LOGISTICS DAY

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang saya hormati:

  • Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bapak Nezar Patria;

  • Direktur Utama PT. Pos Indonesia Bapak Faizal R. Djoemadi; serta

  • Hadirin dan tamu undangan


Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir bersama untuk mengikuti Customer Gathering Logistics Day hari ini dalam keadaan sehat.


Hadirin sekalian,

Industri logistik masih berpeluang untuk terus tumbuh. Hal ini didukung dengan semakin tumbuhnya sektor pengolahan dan perdagangan. Peluang ini tentu perlu didukung dengan peningkatan baik sumber daya manusia, sarana prasarana, serta pemanfaatan teknologi.

Pemanfaatan teknologi informasi seperti big data analytics dan artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional.

Semangat efisiensi dan efektivitas ini senapas dengan kebijakan pemerintah yang akan giat mengatur strategi melalui National Logistic Ecosystem (NLE). Lewat NLE, diharapkan dapat menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan, sarana pengangkut, hingga barang tiba di gudang, termasuk perizinan dan penyelesaian dokumen pengiriman.



Hadirin sekalian,

Kita sadari bersama, industri logistik merupakan industri yang sangat kompleks. Untuk itu, perlu adanya komitmen bersama yang selaras dan seiring sejalan untuk dapat memajukan industri logistik. Termasuk di dalamnya, masyarakat pengguna jasa logistik.

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Menjadi harapan kita bersama, dengan sinergi dan kerja sama para stakeholder terkait, serta masyarakat pengguna jasa logistik yang semakin memahami regulasi, industri logistik dapat semakin berkembang.

Terima kasih.


Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 23 November 2023