BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan JOGJA CULTURAL WELLNESS FESTIVAL (JCWF) 2023

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.


Yang saya hormati:

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, Para Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.



Hadirin sekalian,

Tidak seperti pariwisata konvensional, di mana jalan-jalan dan hiburan adalah tujuan utamanya, Wellness Tourism atau pariwisata kesehatan, menekankan aktivitas dan pengalaman yang mempromosikan perawatan diri dan pertumbuhan pribadi. Berfokus pada pengembangan kesehatan fisik, mental, dan spiritual, menjadikannya sebagai sebuah pendekatan perjalanan yang unik dan holistik. Wellness tourism juga memberikan kesempatan bagi manusia untuk terhubung dengan alam, memahami budaya baru, dan menggali pemahaman yang lebih dalam tentang diri sendiri. Aktivitas-aktivitas di bidang ini dapat mencakup spa, meditasi, yoga, olahraga, terapi alami, pendidikan kesehatan, dan aspek-aspek lain yang berfokus pada perawatan diri. Sedangkan tujuan utama dari wellness tourism adalah untuk mencapai keseimbangan antara tubuh dan pikiran, serta memberikan dampak positif dalam jangka panjang bagi kesehatan fisik dan mental.

Pada tahun 2022 lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan DIY sebagai salah satu destinasi wellness tourism di Indonesia. Adapun Jogja Cultural Wellness Festival (JCWF) yang akan digelar sepanjang November 2023 ini, merupakan salah satu titik tolak penting, dalam membangun awareness dan menggalang kolaborasi seluruh elemen masyarakat DIY, untuk bersama-sama menggali, menjajaki dan mendorong seluruh potensi dan peluang pengembangan wellness tourism.

Sehubungan dengan hal-hal tersebut, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, mengucapkan apresiasi kepada Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY serta kepada seluruh pihak yang turut terlibat. Adalah harapan kita bersama, bahwa inisiatif, kolaborasi, dan kerja keras saudara semua, dapat secara nyata menjadi pembuka jalan, dalam memantapkan posisi DIY di peta destinasi wellness tourism di Indonesia.

Mari bersama-sama upayakan, agar seluruh rangkaian penyelenggaraan JCWF 2023 dapat berlangsung dengan lancar, kondusif, serta dapat secara maksimal menjadi medium “Olah Saliro, Roso, Lan Pikir”, sehingga dalam jangka panjang kegiatan ini dapat membawa manfaat dan kebaikan bagi semua.

Akhirnya, teriring Bismillahirrahmanirrahim, Jogja Cultural Wellness Festival (JCWF) 2023, saya nyatakan resmi dibuka.

Sekian dan terima kasih.





Wassalamualaikum Wr., Wb.

 

Yogyakarta, 24 November 2023