BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan SOSIALISASI PERS KEBANGSAAN DAN PEMBANGUNAN GRHA PERS PANCASILA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat sejahtera bagi kita semua.


Yang saya hormati;

  • Menteri Politik, Hukum dan Keamanan RI atau yang mewakili;

  • Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia beserta jajaran; dan

  • Para hadirin dan tamu undangan.


Syukur Alhamdulillah pada hari ini kita masih berkesempatan untuk bertemu pada acara Sosialisasi Pers Kebangsaan dan Pembangunan Grha Pers Pancasila dalam keadaan sehat.



Hadirin sekalian,


Pers berperan penting dalam menyebarluaskan gagasan kebangsaan Indonesia dan memperjuangkan kemerdekaan. Upaya pers dalam membangun semangat kebangsaan masih tetap relevan sejauh pers mampu memberi pemaknaan baru pada semangat itu untuk menggerakkan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia yang maju, terhormat dan bermartabat.


Saya menyambut baik upaya PWI yang fokus meningkatkan kompetensi wartawan dan wawasan kebangsaan, Melalui sekolah jurnalisme Indonesia dan uji kompetensi wartawan serta pembangunan Grha Pers Pancasila. Pembangunan Grha Pers ini juga diharapkan mampu menjadi pusat studi pengembangan pers Pancasila.


Saya melihat hal ini sebagai bentuk komitmen dan keseriusan PWI untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai Pusat Pers Pancasila di Indonesia.


Dengan upaya-upaya yang dilakukan PWI ini, saya berharap pers kita dapat kembali pada hakikatnya. Yaitu pers yang bebas dan bertanggung jawab dalam menjalankan fungsinya sebagai penyebar informasi yang benar dan objektif, penyalur aspirasi rakyat dan kontrol sosial yang konstruktif.


Dalam mengamalkan pers Pancasila ini perlu interaksi positif antara Masyarakat, Pers dan Pemerintah. Sebab, hubungan pers dan pemerintah adalah hubungan yang dibawa oleh kepentingan bersama untuk menyampaikan dan menerima pesan, untuk menyampaikan dan menerima kontrol sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada kepentingan masyarakat.


Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Mari bersama saling mendukung untuk mewujudkan pers yang sehat, masyarakat terbuka yang demokratis dan bertanggung jawab.


Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 24 November 2023