BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KONGRES ASOSIASI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS INDONESIA (AFEBI) KE-11

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

Yang saya hormati:

  • Menteri Koperasi dan UKM (atau yang mewakili),

  • Rektor UNY beserta jajarannya,

  • Ketua DPN AFEBI dan segenap keluarga besar AFEBI,

  • Para Narasumber, Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.

 

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

 

Hadirin sekalian,

Bagi masyarakat kecil khususnya, menjadi pelaku usaha berskala mikro merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan taraf hidup. Hal ini dapat dilihat dari tingginya penyerapan tenaga kerja oleh UMKM. Selain itu UMKM menjadi solusi bagi masyarakat kecil untuk memulai usaha mereka dikarenakan tidak memerlukan modal yang besar.

DIY misalnya, merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi UMKM yang sangat besar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah UMKM di Yogyakarta pada tahun 2023 mencapai 1,2 juta unit usaha. Jumlah ini merupakan sekitar 97,7% dari total usaha yang ada di Yogyakarta. Masih dalam konteks DIY, banyaknya pendidikan vokasi, serta budaya dan kreatifitas yang tinggi menjadi faktor unggulan bagi UMKM kami.

Pemerintah menyadari, bahwa dalam membina dan mendampingi UMKM, kontribusi serta kolaborasi dari sektor swasta, pengusaha, akademisi, asosiasi usaha, komunitas, maupun lembaga pendampingan UMKM sangatlah dibutuhkan. Kita tahu bahwa perihal perizinan usaha, sertifikasi produk, dan akses pembiayaan merupakan isu yang masih perlu menjadi perhatian bersama. Lebih jauh, kontribusi dan kolaborasi antar sektor diharapkan dapat memperkecil tantangan yang harus dihadapi para pelaku UMKM di era industri 4.0 ini yaitu teknologi, otomatisasi, dan disrupsi. Apalagi karena untuk dapat bertahan di era ini, transformasi digital adalah sebuah kebutuhan.

Sehubungan dengan hal-hal tersebut, Pemerintah Daerah DIY menyambut baik dan mengapresiasi Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI), atas komitmennya untuk meningkatkan komunikasi, kolaborasi, dan sinergi, bagi kemajuan dan kemandirian UMKM di Indonesia. Bagi kami, rangkaian Kongres ke-11 ini adalah salah satu wujud nyata implementasi komitmen tadi.

Bersama-sama, mari kita dorong perkembangan ekonomi yang inklusif dan pemberdayaan UMKM, sebagai tonggak utama dalam memperkuat ekonomi Indonesia.

Akhirnya, semoga seluruh rangkaian agenda Kongres AFEBI ke-11 Tahun 2023 dapat berjalan lancar, dan outputnya dalam jangka panjang dapat mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi semua.

Sekian dan terima kasih.








Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 30 November 2023