BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENGUKUHAN ANGGOTA KOMISI INFORMASI DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2023 - 2027

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati Komisioner Komisi Informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, hadirin dan tamu undangan.

 

Segala puji kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat.

 

 

Bapak/Ibu sekalian,

 

Memasuki tahun politik, menjadi tantangan Komisi Informasi Daerah DIY untuk meningkatkan peran dan fungsinya dalam mengawal keterbukaan informasi publik. Komisi Informasi Daerah DIY harus turut berperan aktif menyukseskan gelaran pemilu serentak 2024 yang transparan dan akuntabel. Sebab, keterbukaan informasi setiap tahapan pemilu menjadi  kunci keberhasilan penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil, dan demokratis sebagai pemenuhan hak asasi manusia.

 

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Untuk itu, penyelenggaraan pemilu harus memperhatikan prinsip dan asas KIP yang merupakan aspek mendasar bagi terwujudnya penyelenggaraan pemilu yang transparan dan akuntabel.

 

Untuk itu, saya berharap dengan dikukuhkannya pengurus Komisi Informasi Daerah DIY Periode 2023 - 2027 dapat lebih aktif mengedukasi keterbukaan informasi publik untuk peningkatan kesadaran masyarakat akan hak atas Informasi Publik dan mendorong Badan Publik untuk memberikan layanan Informasi Publik khususnya yang berkaitan dengan pemilu.

 

Selanjutnya, atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Saya menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Komisi Informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Periode Tahun 2023-2027 yang dikukuhkan hari ini. Selamat mengabdi! Semoga Saudara-saudara dapat menjalankan amanah ini dan membawa Komisi Informasi Daerah DIY yang lebih profesional.

 

Demikian yang dapat Saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 30 November 2023