BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAKERNAS I FEDERASI SERIKAT PEKERJA PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF (FSP PAREKRAF KSPSI)

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

Yang saya hormati:

Keluarga Besar Federasi Serikat Pekerja Parekraf KSPSI, para Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.

 

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang masih memperkenankan kita untuk hadir di sini dalam keadaan sehat, pada Rakernas I Parekraf KSPSI.

Adalah harapan kita bersama, bahwa seluruh rangkaian agenda kegiatan dapat berjalan dengan lancar, sesuai dengan kaidah musyawarah untuk mufakat, serta dapat sukses menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang mampu memberikan manfaat dan kebaikan bagi anggota, yang pada akhirnya dapat pula dinikmati oleh lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya.

 

Saudara-saudara,

Berbicara mengenai manfaat, ada anggapan umum bahwa keberadaan Serikat, Federasi, maupun Konfederasi Pekerja/Buruh adalah semata-mata demi memperjuangkan hak anggotanya. Namun jika ditilik dari esensinya, sesungguhnya ada peran yang lebih besar, yaitu sebagai jembatan komunikasi 3 pihak: pekerja-pemberi kerja–Pemerintah.

Jika peran sebagai jembatan tersebut dihormati dan dilaksanakan dengan baik oleh ketiga pihak dimaksud, barulah dapat terwujud keseimbangan antara hak dan kewajiban. Perlu dicatat, bahwa penekanannya ada pada kata seimbang, dan modalnya adalah niat baik. Sebab tentu kita semua sepakat mengenai satu hal mendasar, yaitu bahwa mereka yang menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban adalah mereka yang mencederai hak pihak lain.

Bertolak dari hal-hal tadi, serta bahwa pekerja–pemberi kerja–Pemerintah adalah pihak yang saling membutuhkan, maka pada kesempatan yang baik ini, saya, dalam hal ini mewakili pihak Pemerintah, mengajak Parekraf KSPSI untuk lebih proaktif, dalam meningkatkan komunikasi dan hubungan baik antara tiga pihak tadi. Adalah harapan kita bersama, bahwa di negara kita ini dapat tercipta kondisi kehidupan dan penghidupan yang lebih baik bagi semua.

Akhirnya, teriring Bismillahirrahmanirrahim, Rakernas I Federasi Serikat Pekerja Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saya nyatakan resmi dibuka. Selamat berkonferensi!

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 02 Desember 2023