BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN “BUSINESS MATCHING” BATCH II TAHUN 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua,

 

Yang terhormat:

  • Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ibu Ida Fauziah, beserta seluruh jajarannya;

  • Rekan-rekan dari lingkungan Pemerintah Daerah DIY;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.

 

ADALAH suatu kehormatan, bahwa Yogyakarta terpilih menjadi lokasi kegiatan berskala nasional pada hari ini, dengan dilaksanakannya “business matching” Batch II Tahun 2023”.

Harapan saya, semoga suasana Yogyakarta kondusif bagi suksesnya pertemuan penting ini, seiring tema yang diusung, "Semangat Berkolaborasi dan Bersinergi Untuk Negeri".

 

Hadirin sekalian,

Program “business matching” ini, dirancang untuk menyatukan pelaku UMKM lokal dengan mitra regional dan nasional, dengan tujuannya untuk meningkatkan kapasitas UMKM dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Dalam hemat saya, “business matching” tidak sekadar menjadi penghubung perusahaan dengan kebutuhannya, tetapi lebih jauh lagi, ini tentang membentuk simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan antara UMKM dengan Perusahaan besar yang sudah mencapai titik eksistensinya.

Tujuan dari ““business matching”” sangatlah jelas, yaitu untuk memulai pengembangan jaringan bisnis, peningkatan peluang bisnis, kolaborasi, hingga terbukanya akses ke sumber daya pendukung produksi. Manfaatnya pun tak kalah penting, yaitu untuk meningkatkan penjualan, promosi produk baru, diseminasi informasi inovasi dan  teknologi, hingga menjadi lahan peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi UMKM.

 

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Berbagai “business matching” di tingkat global, seperti Alibaba Singles' Day, Techstars, serta pameran dagang internasional seperti Hannover Messe, CES, dan Canton Fair, telah memberikan peluang bagi UMKM, untuk memperluas jangkauan mereka di pasar global.

Untuk itu, saya ingin mengapresiasi Kementerian Tenaga Kerja RI, atas diberikannya kesempatan kepada 45 UKM dari Jogja, termasuk diantaranya, 34 UKM yang mewakili produk unggulan Badan Usaha Milik Kalurahan, dalam acara ini.

Dengan dilibatkannya 34 UMKM binaan BUMKal, maka Kementerian Tenaga Kerja telah mendukung implementasi Reformasi Kalurahan, dimana fokusnya adalah Pemberdayaan Masyarakat, melalui pemberdayaan perekonomian dan pengentasan kemiskinan.

Saya juga ingin menyampaikan apresiasi kepada mitra lokal dan nasional, yang telah mendukung produk unggulan Kalurahan binaan BUMKal DIY. Kolaborasi ini akan berkontribusi dalam berbagai upaya meningkatkan produktivitas UMKM, memperluas peluang ekonomi masyarakat, serta penyerapan tenaga kerja di wilayah DIY.

Dengan ini, saya harap seluruh rangkaian acara “business matching” ini dapat berjalan dengan lancar hingga paripurna. Semoga, “business matching” Batch II Tahun 2023, dapat melahirkan UMKM lokal berkualitas, yang siap bersaing di pasar global, seiring memberikan manfaat nyata bagi peningkatan ekonomi  masyarakat.

Sekian, terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,



Yogyakarta, 5 Desember 2023