BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

S a m b u t a n PENANDATANGANAN MoU DAN PENYERAHAN SERTIFIKAT TANAH KASULTANAN DAN TANAH KADIPATEN

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua,

 

Yang terhormat:

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia, Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P.

 

Dan yang saya hormati:

  • Wakil Menteri ATR/BPN Kepala Badan Pertanahan Nasional RI beserta jajaran;

  • Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DIY;

  • Kepala Kantor Wilayah BPN DIY;

  • Penghageng Kawedanan Hageng Panitropuro Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat;

  • Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Datu Dana Suyasa Karaton Yogyakarta;

  • Penghageng Kawedanan Hageng Kasentanan Kadipaten Pakualaman;

  • Penghageng Kawedanan Kaprajan Kadipaten Pakualaman;

  • Tamu Undangan dan Hadirin sekalian.

 

Seraya mengucapkan puji-syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT., mewakili Pemda DIY dan masyarakat, izinkanlah saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia, Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P.

 

Hari ini akan dilaksanakan penyerahan Sertifikat Tanah Kasultanan sejumlah 1.194  sertifikat dan Tanah Kadipaten meliputi 16 sertifikat. Selain itu, juga akan dilaksanakan penyerahan sertifikat Tanah Kalurahan asal-usul hak anggaduh dari Tanah Kasultanan maupun Tanah Kadipaten, dengan jumlah 248 bidang Hak Milik Kasultanan dan 20 bidang Hak Milik Kadipaten, dimana masing-masing sebagai upaya memberikan hak hukum bukti kepemilikan tanah, dan selanjutnya guna meningkatkan harkat dan pemanfaatan tanah demi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

 

Mengiringi agenda tersebut dalam kesempatan ini pula, izinkanlah saya mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada Pemerintah Republik Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia.



Hadirin sekalian yang saya hormati,

 

Momentum kali ini kian bermakna, karena dihadiri pemenang lomba Kalurahan Tertib Administrasi Pertanahan dan Tata Ruang, serta Juara Lomba Poster, Lomba Artikel, dan Lomba Video Tata Ruang Keistimewaan DIY.

 

Atas berbagai prestasi dan inisiatif, Saya mewakili Pemda DIY memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pemenang yang telah mencurahkan pikiran dan tenaga dalam karya.

 

Hadirin sekalian yang berbahagia,

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Daerah DIY dengan Kementerian ATR/BPN RI. Selain itu, dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman antara dua lembaga yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman dengan Kementerian ATR/BPN RI. Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Nota Kesepahaman ini diharapkan menjadi penguat sinergitas antar lembaga yang selama ini telah terjalin dengan baik.

 

Sebagai sebuah entitas keistimewaan yang berfondasi pada aspek budaya, Pemda DIY senantiasa berupaya mendukung penguatan pemanfaatan tanah berdasarkan prasyarat kearifan lokal yang melingkupinya.

 

Filosofi "hamemayu hayuning bawana", mendukung terwujudnya pemanfaatan tanah secara harmonis, mendukung konsep pelestarian lingkungan, dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ajaran luhur "sangkan paraning dumadi", menyiratkan pemahaman bahwa pemanfaatan tanah harus memenuhi aspek spiritual-transenden.

 

Adapun filosofi "manunggaling kawula lan Gusti", mengajarkan kita untuk mendukung terwujudnya pemanfaatan tanah yang humanis berbasis pada prinsip-prinsip “manunggaling pamong lan wargo”.

 

Dengan tujuan itulah, agar penyerahan sertifikat tanah dan penandatanganan MoU ini diresapi maknanya, dan didayagunakan potensi penggunaan dan pemanfaatannya,  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY.

 

Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya bagi kita semua, agar tanah dapat dimanfaatkan bagi sebesar-besar kesejahteraan rakyat.

 

Sekian, terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarokatuh

 

Yogyakarta, 7 Desember 2023