BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan FGD KESEJAHTERAAN HEWAN MELALUI PETERNAKAN AYAM DAN ITIK PETELUR

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua,

Yang saya hormati:

  • Direktur Animal Friends Jogja;

  • Para narasumber;

  • Para peserta dan tamu undangan

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat.



Hadirin sekalian,

 

Konsep kesejahteraan pada hewan bermaksud menghindari kekerasan dan eksploitasi manusia terhadap hewan dengan tujuan tertentu. Selain itu, konsep kesejahteraan hewan mengenal adanya lima kebebasan yaitu : bebas dari rasa haus dan kelaparan, bebas dari ketidaknyamanan, bebas dari rasa sakit, bebas untuk mengekspresikan perilaku normal, dan bebas dari rasa takut/tertekan.

 

Budidaya ternak ayam dan itik petelur  komersial secara intensif dapat menurunkan tingkat kesejahteraan hewan atau Welfare. Eksploitasi yang sering dilakukan oleh manusia adalah peningkatan jumlah produksi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, hal ini terjadi pada pemeliharaan ternak ayam dan itik petelur secara intensif.

 

Sistem free range merupakan salah satu model pemeliharaan terkini dari produksi ternak ayam yang sesuai dengan konsep Kesejahteraan Hewan (Animal Welfare). Konsep ini pada peternakan bermaksud menghindari kekerasan dan eksploitasi yang berlebihan.

 

Kesejahteraan hewan tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan hewan tapi juga bermanfaat bagi manusia. Dengan memperhatikan kesejahteraan hewan ternak, menjadi harapan kita bersama, mampu mendapatkan hasil peternakan yang berkualitas baik, sehat dan menyehatkan.

 

Melalui Focus Group Discussion hari ini, saya berharap dapat menambah wawasan mengenai pentingnya memperhatikan kesejahteraan hewan ternak bagi para peternak di DIY. Akhir kata, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, diskusi tematik hari ini secara resmi dibuka.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.,

 

Yogyakarta, 11 Desember 2023