BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN GROUNDBREAKING PEMBANGUNAN JEMBATAN PANDANSIMO

Assalamu ’alaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semua,



Yang saya hormati:

  • Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Republik Indonesia;

  • Bupati Bantul dan Penjabat Bupati Kulon Progo, beserta seluruh jajarannya;

  • Mitra Kerja Pembangunan Jembatan Pandansimo;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian

HARI ini adalah momentum mengesankan, yang pantas dicatat sebagai suatu memorable moment di dalam memorable space, saat kita bersama-sama menyaksikan Groundbreaking Pembangunan Jembatan Pandansimo. Jembatan ini akan menghubungkan Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul di sisi timur, dan Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo di sisi barat.

 

Sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional, Jembatan Pandansimo akan menjadi sarana pendukung mobilitas, dan memperkuat konektivitas wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus memperkuat konektivitas Jawa bagian Selatan, yang membentang dari Banten hingga Jawa Timur.



Bapak Dirjen dan saudara-saudara sekalian,

 

Bagi Daerah Istimewa Yogyakarta, momentum groundbreaking hari ini, bukanlah seremoni semata.  Lebih jauh, ground breaking, kami maknai sebagai starting point atas suatu terobosan, menjadi awal lahirnya ide-ide kreatif-inovatif, sekaligus menjadi simbol “Binanguning Marga-Pambukaning Praja”.

 

“Binanguning Marga-Pambukaning Praja” memiliki makna, bahwa pembangunan Jembatan Pandansimo, menjadi jalan pembuka kesejahteraan, bagi masyarakat Kabupaten Bantul--dengan semangat Prajatamansari, dan Kabupaten Kulon Progo--dengan semangat Binangun-nya.

 

Saya optimis, hadirnya Jembatan Pandansimo, tidak hanya menjadi modal mobilitas transportasi, tetapi juga menjadi konektor pengembangan sektor ekonomi, logistik, dan memacu pertumbuhan multi-sektor lainnya, di wilayah Bantul dan Kulonprogo.

 

Selain itu, Jembatan Pandansimo diharapkan dapat menjadi icon inovasi dan eksplorasi potensi  pariwisata Kawasan Pantai Selatan DIY, sekaligus menjadi bagian dari strategi, untuk meretas berbagai tantangan pembangunan, dan merintis jalan baru, dalam menciptakan perubahan dan nilai yang signifikan.

 

Untuk itu, saya mengajak seluruh pihak untuk turut mengawal setiap tahapan pembangunan jembatan Pandansimo. Mari bersama-sama turut memastikan, bahwa setiap tahapan pembangunan, harus dicermati secara seksama. Tentu agar proses pembangunan dapat berjalan lancar, selesai tepat waktu, dan menghasilkan kualitas pekerjaan sesuai standar safety dan quality yang telah ditentukan.

 

Atas berbagai upaya dan potensi tersebut, perkenankanlah saya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh pihak, khususnya kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI beserta seluruh jajarannya.  Semoga, kerjasama yang telah terjalin ini dapat terus berlanjut, dan Jembatan Pandansimo, dapat menjadi saksi bagi kemajuan dan kemakmuran bagi masyarakat.

 

Akhir kata, demikian yang dapat Saya sampaikan pada momentum bersejarah ini. Seiring harapan, bahwa pembangunan jembatan Pandansimo, dapat pula melibatkan tenaga-tenaga produktif di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo.

 

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, agar pembangunan Jembatan Pandansimo dapat berjalan lancar dan membawa manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.



Bantul, 11 Desember 2023