BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan LAUNCHING PANDUAN TIM PELAKSANA KESEHATAN JIWA MASYARAKAT (TPKJM) DIY

Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam sehat-sejahtera bagi kita semua,

 

Yang saya hormati:

  • Direktur Pusat Rehabilitasi YAKKUM;

  • Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) DIY;

  • Hadirin dan  tamu undangan.

 

Kesehatan jiwa, menjadi unsur penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing, dan berperilaku baik. Namun kesehatan jiwa masih belum menjadi isu utama dalam pembangunan sumber daya manusia, sementara beban pelayanan kesehatan jiwa masih sangat tinggi,  sehubungan tingginya angka prevalensi.

 

Fenomena di masyarakat, stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan gangguan jiwa masih sangat kentara, disertai dengan penolakan yang mereka hadapi. Di sisi lain, kasus gangguan mental seperti emosional dan depresi terus meningkat.

 

Hal ini menjadi kebutuhan mendesak bagi Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk segera mengambil tindakan nyata. Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) DIY, sebagai salah satu garda terdepan, harus fokus pada upaya penanggulangan stigma, peningkatan pemahaman masyarakat, serta penyediaan layanan kesehatan mental yang lebih baik, untuk mencegah eskalasi masalah kesehatan jiwa di komunitas.

 

Untuk itu, saya mengapresiasi dan menyambut baik peluncuran Panduan TPKJM sebagai acuan edukatif-informatif, dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa di masyarakat.

 

Saya optimis, bahwa kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dapat membentuk lingkungan inklusif, guna mewujudkan Yogyakarta yang sehat jiwa. Hal ini seperti yang tertuang dalam Perda 13 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa. Apalagi, saat ini,  Rapergub Rencana Aksi Daerah tentang Kesehatan Jiwa sedang dibahas, untuk memperkuat tata kelola kesehatan jiwa di DIY.

 

Dengan visi tersebut, disertai rasa syukur memohon ridho-Nya, seraya mengucap “Bismillaahirrahmaanirrahiim”, maka Panduan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat, secara resmi diluncurkan. Semoga Buku Panduan TPKJM dapat memberikan manfaat dalam mendukung Jogja Sehat Jiwa.



Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum wr. Wb.



Yogyakarta, 12 Desember 2023