BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PUNCAK HARI ULANG TAHUN KE-24 DHARMA WANITA PERSATUAN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang  terhormat,

Dewan Penasehat  Dharma Wanita  Persatuan DIY

 

Yang  kami hormati,

  • Ketua dan Jajaran Pengurus Dharma Wanita  Persatuan DIY;

  • Ketua dan Jajaran Pengurus Dharma Wanita  Persatuan OPD se-DIY;

  • Hadirin dan Tamu Undangan yang berbahagia.



Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk pada acara ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Atas nama pemerintah daerah DIY, Saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-24 Dharma Wanita Persatuan Tahun 2023 Daerah Istimewa Yogyakarta.



Hadirin yang Saya hormati,

 

Perempuan dapat menjadi aktor strategis di dalam pembangunan menuju kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera. Dalam konteks pembangunan, pengarusutamaan gender, dan pemberdayaan perempuan begitu erat kaitannya dengan memperbaiki kualitas generasi penerus bangsa. Mengingat, perempuan adalah pendidik pertama di dalam keluarga.

Pemberdayaan perempuan dalam pembangunan berkelanjutan adalah upaya meningkatkan kemampuan perempuan untuk memperoleh akses, partisipasi, kontrol dan manfaat dalam pembangunan berkelanjutan. Maka, program pemberdayaan perempuan diarahkan untuk meningkatkan kualitas hidup khususnya kaum perempuan dan peran sertanya yang aktif di masyarakat.

Menyadari pentingnya peran perempuan dalam pembangunan, pemerintah telah membidik empat sektor utama yakni di bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta terkait pencegahan kekerasan. Di samping itu, langkah strategis disiapkan untuk mengatasi isu pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender, sekaligus mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s), terutama tujuan kelima yaitu kesetaraan gender.

Saya berharap, seluruh jajaran Dharma Wanita Persatuan DIY dapat menjadi pelopor pembawa perubahan, pelopor peningkatan kualitas hidup bagi keluarga dan lingkungan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Sehingga, dapat mewujudkan diri sebagai center of excellence.

Selain itu, Dharma Wanita secara eksternal perlu menjalin hubungan yang erat dengan berbagai organisasi perempuan, agar terbangun sebuah jaringan organisasi yang semakin luas dan solid. Harapannya terwujud satu semangat dalam setiap menanggapi masalah-masalah perempuan yang aktual.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-24 Dharma Wanita Persatuan Tahun 2023 untuk meningkatkan kesadaran tentang peran strategis perempuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 14 Desember 2023