BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAKERDA II MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) DIY TAHUN 2023

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua,

 

Yang saya hormati:

Ketua dan segenap keluarga besar MUI, Para Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena hanya atas rahmat-Nya kita berkesempatan untuk bertemu dalam acara Rakerda II Tahun 2023 MUI DIY dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Hadirin sekalian,

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki peran penting dalam memoderasi kehidupan beragama, seiring misinya  mewujudkan Islam tengahan yang rahmatan lil ‘alamin, sosok penjaga Islam wasathiyah atau moderat di tengah kehidupan umat yang majemuk.

Lebih dari empat dekade, MUI telah menunjukkan komitmennya dalam membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin, sembari tetap berpegang teguh pada visi misi organisasi dan menyampaikan amar ma’ruf nahi munkar melalui keteladanan para anggotanya.

Saya pun paham, bahwa MUI memiliki komitmen untuk tetap independen dan terbebas dari tekanan maupun “titipan” kelompok tertentu. Sebuah komitmen, yang didorong oleh semangat untuk menjaga agar NKRI senantiasa berada dalam koridor sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa.

Rakerda II Tahun 2023 ini bagi saya merupakan satu lagi bukti keseriusan MUI. Sebagaimana tentu telah dipahami bersama, Pemilu Damai membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh elemen yang ada, sesuai dengan batas kewenangan dan bidang-urusannya masing-masing. Untuk itu, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY dan masyarakat DIY, menyampaikan apresiasi kepada MUI DIY, karena secara spesifik mengangkat isu “Pemilu Damai” sebagai tema Rakerda Tahun 2023 ini. Adalah harapan kita bersama, seluruh rangkaian agenda Raker berjalan dengan lancar dan sukses, sehingga outputnya dapat sesuai dengan yang diproyeksikan. Mari upayakan, agar Rakerda II Tahun 2023 dapat secara nyata membawa manfaat dan kebaikan bagi semua. Dalam konteks Pemilu Serentak 2024, mari bersama-sama upayakan agar “Damai” itu dapat menjelma menjadi realitas, dan bukan sekadar impian atau slogan kosong.

Akhirnya, teriring Bismillahirrahmanirrahim, Rapat Kerja Daerah (Rakerda II) Tahun 2023 “Memperkokoh Komitmen Kebangsaan dan Persatuan Bangsa dalam Bingkai Keberagaman Menuju Pemilu Damai 2024”, saya nyatakan resmi dibuka.

Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi kita semua dalam mengabdi kepada agama, masyarakat, bangsa dan negara.  Terima kasih.

 

Wassalamualaikum Wr., Wb.,

 

Yogyakarta, 16 Desember 2023