BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan LAUNCHING BECAK LISTRIK, CHARGING STATION, DAN PUBLIC TRANSPORT INFORMATION SYSTEM (PTIS)

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

 

Yang saya hormati:

  • Ketua DPRD DIY;

  • Jajaran FORKOPIMDA DIY;

  • Penjabat Walikota Yogyakarta; serta

  • Para Tamu Undangan dan Hadirin Sekalian.

 

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diberikan kesehatan untuk menjadi bagian dari momentum momentum yang menandai awal transformasi di bidang transportasi rakyat dan perkotaan di DIY, yang dapat pula dimaknai sebagai upaya untuk menciptakan harmoni antara tradisi dengan teknologi.

 

Hadirin sekalian,

Becak kayuh merupakan salah satu ikon Jogja: bagian tak terpisahkan dari nostalgia tentang Jogja. Agar tetap hidup, tradisi atau budaya tidak boleh stagnan. Ada dinamika zaman yang harus diikuti, tanpa menghilangkan esensi tradisi atau budaya dimaksud. Ada pula kewajiban untuk “memanusiakan manusia” yang harus terus diupayakan, terlebih karena ini sudah menjadi komitmen jangka panjang DIY.

Untuk itu, saya mengapresiasi diluncurkannya becak kayuh dengan tenaga alternatif beserta sarana prasarana pendukungnya pada hari ini. Apresiasi terutama kepada Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) DIY, atas keseriusan dalam membangun prototype becak yang paling layak dari segi teknis, yang tentunya juga secara langsung maupun tidak langsung turut mempengaruhi kelayakan segi non-teknis.

Sedangkan kepada BPTTG DIY, Dinas Perhubungan, serta pihak-pihak lain yang telah turut berkontribusi, saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih, atas kesediaannya untuk urun pikir, urun tenaga, dan urun sumber daya, dalam menemukan solusi atas isu terkait becak kayuh serta isu penurunan emisi di DIY.

Saya berharap, agar segala bentuk urunan tadi tidak berhenti sampai di sini saja. Sebab, kita semua tentu paham, bahwa inovasi ?apapun itu wujudnya?, dalam implementasinya bisa dipastikan akan membutuhkan berbagai penyesuaian dan penyempurnaan. Penyesuaian dan penyempurnaan bahkan merupakan keniscayaan, jika kita ingin memastikan bahwa inovasi dimaksud dapat tepat guna dan tepat manfaat.

Lebih lanjut, terlepas dari capaian yang hari ini kita rayakan bersama, momentum ini barulah milestone awal: satu dari sekian banyak milestone yang harus kita catatkan, demi menjadikan transportasi DIY yang lebih ramah bagi lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya, serta yang sekaligus dapat mempertegas karakter yang selama ini telah melekat dan menjadi bagian dari jati diri DIY.

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 23 Desember 2023