BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PELANTIKAN PENGURUS FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DIY

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yang saya hormati Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, para pengurus dan anggota Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) DIY, dan tamu undangan sekalian.

 

Marilah kita mengucap syukur kepada Allah SWT karena limpahan rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat.

 

Hadirin sekalian,

Madrasah diniyah takmiliyah adalah sebuah lembaga pendidikan yang secara yuridis formal terpisah dengan lembaga pendidikan formal. Penambahan kata takmiliyah sendiri meneguhkan madrasah diniyah sebagai penyempurna atau pelengkap pendidikan formal.

Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) adalah lembaga pendidikan Islam yang dikenal sejak lama bersamaan dengan masa penyiaran Islam di Nusantara. Pengajaran dan pendidikan Islam timbul secara alamiah melalui proses akulturasi yang berjalan secara halus, perlahan sesuai kebutuhan masyarakat sekitar.

MDT ini dapat diterapkan pada sekolah negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Hal ini sesuai dengan semangat gerakan revolusi mental, juga merujuk kepada prinsip penguatan pendidikan karakter yakni; menyeluruh terpadu, keteladanan, dan pembiasaan sepanjang waktu. Pertimbangannya adalah, penguatan pendidikan karakter dilaksanakan berbasis tiga hal, berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat.



Hadirin sekalian,

 

Dalam menghadapi tantangan dan eksistensinya maka Madin perlu mendesain strategi peningkatan kualitas mutu pendidikan sehingga menuai kepercayaan dari masyarakat dan stakeholders. Kemajuan MDT terletak pada kreativitas Madrasah diniyah itu sendiri untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan.

Maka dari itu, kepengurusan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) yang dilantik hari ini, saya harap mampu menjawab tantangan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

Akhir kata, saya ucapkan selamat bertugas dan menjalankan amanah. Mari tingkatkan eksistensi madrasah diniyah takmiliyah sebagai entitas kelembagaan pendidikan agama Islam.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 24 Desember 2023