BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

GEDUNG LABORATORIUM TERPADU SASANA MULYA HUSADA DINAS KESEHATAN DIY

Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

 

Jajaran Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, para tamu undangan, dan hadirin sekalian,

 

Hari ini merupakan momentum yang sangat penting, bagi perjalanan menuju pelayanan kesehatan masyarakat DIY yang lebih baik, seiring peresmian Gedung Laboratorium Terpadu Sasana Mulya Husada. Laboratorium terpadu ini juga menjadi wujud komitmen pemerintah, untuk menyediakan layanan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat.

 

Saudara-saudara sekalian,

Laboratorium medis, memainkan peran penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, dengan menyediakan layanan pengujian diagnostik yang akurat dan tepat waktu. Hasil diagnostik-lah, yang memungkinkan tenaga kesehatan profesional, untuk mengidentifikasi penyebab utama gejala dan mengembangkan rencana perawatan yang tepat.

Eksistensi laboratorium, juga dapat membantu pemantauan penyakit kronis dan deteksi penyakit menular, sehingga memungkinkan pengobatan dan pengendalian wabah dengan cepat. Selain itu, dengan munculnya teknologi laboratorium yang canggih, laboratorium medis semakin menjadi komponen penting, dalam pengobatan yang dipersonalisasi. Dengan kemampuan untuk menganalisis data genetik dan molekuler, laboratorium dapat mengidentifikasi faktor risiko individual, dan mengembangkan rencana perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerjanya, Laboratorium Sasana Mulya Husada, setidaknya dapat menerapkan Standar Kualitas Laboratorium, berpedoman pada standar yang diterbitkan oleh WHO, meliputi esensi-esensi sebagai berikut:

  1. Sistem manajemen mutu;

  2. Manajemen sumber daya manusia,

  3. Manajemen akomodasi dan kondisi lingkungan;

  4. Manajemen keamanan laboratorium

  5. Standarisasi peralatan laboratorium;

  6. Manajemen aset dan persediaan;

  7. Manajemen informasi;

  8. Manajemen spesimen laboratorium;

  9. Manajemen risiko dan kegawatdaruratan;

  10. Manajemen pelayanan dan manajemen komplain yang komprehensif dan manusiawi.

 

Saudara-saudara sekalian,

Kedepan, laboratorium ini lebih dari sekadar kumpulan teknologi dan peralatan, melainkan sebuah upaya kolaboratif-integratif, dengan menyediakan berbagai pilihan diagnostik dan pengobatan di bawah satu atap. Selain itu, besar harapan,  bahwa laboratorium ini akan berfungsi sebagai pusat penelitian ilmiah dan inovasi, sekaligus, sebagai pintu masa depan masyarakat yang lebih sehat dan aman, selaras tekad “Hamemayu Ajining Husada, Amrih Rahayuning Ngayogyakarta”.

Akhir kata, demikian kiranya yang dapat Saya sampaikan di kesempatan ini.  Dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya, dan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Gedung Laboratorium Terpadu Sasana Mulya Husada, Saya resmikan penggunaannya.

 

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




Yogyakarta,  31 Maret 2023