BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PELANTIKAN DAN MUSYAWARAH KERJA WILAYAH MUSLIMAT NU DIY “Muslimat NU Berkhidmat untuk Umat, Merawat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati Ketua Pengurus Wilayah Muslimat NU DIY, para hadirin dan tamu undangan.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Hadirin sekalian,

Keberagaman adalah sebuah keniscayaan. Keragaman melahirkan persaudaraan antarumat manusia. Nahdlatul Ulama telah merumuskan tiga jenis persaudaraan (ukhuwah) yaitu basyariyah-insaniyah, islamiyah, dan wathaniyah. Dalam konsep ukhuwah basyariyah, seseorang merasa saling bersaudara satu sama lain karena merupakan bagian dari umat manusia yang satu di berbagai penjuru dunia. Dalam konteks ini, dasarnya adalah bahwa semua umat manusia sama-sama merupakan makhluk ciptaan Tuhan.

Islam yang tumbuh di Indonesia memiliki tradisi keagamaan yang toleran dan interaksi harmonis dengan penganut agama lain dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan dan dinamika yang ada di tengah tatanan masyarakat yang heterogen, harus dapat diatasi. Agar keberagaman itu menjadi sumber kekuatan bukan sumber perpecahan.

Dengan memahami dan menghargai keberagaman, masyarakat Indonesia dapat terus membangun fondasi yang kuat untuk kehidupan berbangsa yang damai, harmonis, dan inklusif.

Mayoritas anggota Muslimat NU berbasis pesantren, yang memiliki peran besar dalam mempertahankan nilai-nilai keberagaman dan mendidik para santri dengan pemahaman Islam yang moderat.

Muslimat NU sebagai organisasi kemasyarakatan yang bersifat sosial keagamaan harus hadir untuk memberikan kontribusi. Baik dalam melayani umat, merawat kebhinekaan, dan membangun peradaban.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas nama pemerintah daerah DIY, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus baru Muslimat NU DIY. Selamat mengemban tugas untuk mewujudkan visi dan misi organisasi, dengan terus berkhidmat untuk umat, merawat kebhinekaan dan membangun peradaban.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yogyakarta, 06 Januari 2024