BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan INAUGURASI DAN BUSINESS MATCHING JUNIOR CHAMBER INTERNATIONAL (JCI) YOGYAKARTA

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua,

 

Yang saya hormati: Keluarga besar JCI Yogyakarta, Para Tamu Undangan, Para Peserta, dan Saudara sekalian.

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

 

Hadirin sekalian,

Kita sedang berada di era dimana dalam seluruh aspek kehidupan, kesempatan dan peluang terbuka lebar. Namun di sisi lain, ada banyak tantangan-tantangan skala global, yang dalam menyikapinya membutuhkan pemikiran-pemikiran inovatif dan kreatif.

Ini juga merupakan era dimana kepedulian, keterlibatan, kolaborasi, dan sinergi, mulai dari skala terkecil hingga terbesar, dipandang sebagai hal yang sangat berharga, bahkan merupakan syarat mutlak dalam mewujudkan cita-cita global “no one left behind”. Mengapa? Sebab saat dunia berbicara tentang pembangunan yang “no one left behind” dan tentang inklusifitas, itu tidak sekedar merujuk pada target atau objek pembangunan, melainkan juga merujuk pada pelaku atau subjeknya. Demikian pula, sustainability baru dapat efektif dan efisien jika mendapat dukungan yang konsisten dan proporsional dari subjek dan objek tadi.

Dalam konteks pembangunan ekonomi nasional, pengalaman Pandemi Covid-19 telah menyadarkan kita, betapa sektor UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian negara yang terbukti paling resilient terhadap krisis, dan yang masih sangat potensial untuk dikembangkan. Adapun bagi masyarakat kecil, menjadi pelaku usaha berskala mikro merupakan salah satu sarana untuk keluar dari kemiskinan.

Bertolak dari kondisi dan pemahaman tersebut, pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan apresiasi kepada Junior Chamber International (JCI) Yogyakarta, sehingga kegiatan Inaugurasi dan Business Matching 2024 yang secara khusus menyasar UMKM ini dapat terinisiasi. Bagi kami Pemerintah Daerah DIY, ini merupakan satu lagi bukti kepedulian para generasi muda DIY terhadap situasi terkini bangsa ini. Terima kasih, karena JCI Yogyakarta sekali lagi bersedia menjadi mitra kami, Pemerintah Daerah, dalam mewujudkan apa yang tentunya merupakan cita-cita besar kita bersama: mewujudkan kehidupan dan penghidupan yang lebih baik bagi semua, dari Jogja untuk Indonesia.

Akhirnya, semoga seluruh rangkaian kegiatan hari ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukses melahirkan output dan outcome sebagaimana yang diharapkan.

Tidak lupa pula, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, mengucapkan Selamat kepada Jajaran Pengurus JCI Yogyakarta yang baru. Semoga di tangan saudara semua, JCI Yogyakarta dapat semakin banyak membawa manfaat dan kebaikan, tidak saja bagi para anggotanya, melainkan juga bagi lingkungan fisik dan sosialnya.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.,

 

Yogyakarta, 12 Januari 2024