BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAPAT KERJA DAERAH KE-5 PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA (PHRI) DIY

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.



Yang saya hormati:

 

  • Penjabat Bupati Kulon Progo;

  • Ketua dan jajaran pengurus Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY;

  • General Manager Yogyakarta International Airport;

  • Peserta Rakerda dan hadirin sekalian.

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena limpahan rahmat-Nya, pada hari ini kita dapat hadir pada acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ke-5 PHRI DIY, dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Seiring tema “BPD PHRI DIY Bersama Stakeholder Mendorong Akselerasi dan Sinergitas untuk Pertumbuhan Pariwisata Berkelanjutan”, kita menyaksikan penggabungan semangat dan panggilan aksi kolaboratif, demi menciptakan dunia pariwisata yang maju, harmonis, dan berkelanjutan.

 

Saudara-saudara sekalian,

Melihat ke masa depan, saya ingin menyoroti " Enam Tren Perjalanan di Tahun 2024". Tren ini meliputi peningkatan pemesanan otomatis, pemesanan mobile yang lebih cepat, personalisasi lebih lanjut, perjalanan “bleisure” (perpaduan bisnis dan rekreasi), pariwisata berkelanjutan, dan perjalanan transformasional?crimtan.com. Ramalan atas tren tersebut cukup beralasan, seiring perubahan selera dan ekspektasi masyarakat, yang sekarang didominasi milenial.

Untuk itu, dunia pariwisata dapat mempertimbangkan wawasan ini, sebagai strategi untuk tetap relevan dan kompetitif di pasar global. Dalam konteks ini, saya mengajak kita semua untuk tidak hanya memandang tantangan sebagai hambatan, melainkan sebagai peluang untuk berinovasi dan beradaptasi. Kita harus melihat ke depan, merangkul teknologi baru, dan memastikan bahwa setiap keputusan dan tindakan kita selaras dengan nilai-nilai keberlanjutan dan inklusivitas.

Kita harus menjadikan DIY tidak hanya sebagai destinasi yang dikunjungi, tetapi juga sebagai tempat yang memberi pengalaman yang berarti dan berdampak positif bagi para wisatawan dan komunitas lokal.

 

Saudara-saudara sekalian,

Di momentum yang baik ini pula, Saya ingin mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus BPD PHRI DIY Periode 2019-2024. Dedikasi, kerja keras, dan inovasi yang Anda tunjukkan, telah membawa PHRI DIY ke tingkat keberhasilan yang luar biasa. Kinerja Anda, telah menetapkan fondasi yang kuat bagi kita, untuk membangun masa depan industri pariwisata dan perhotelan, yang lebih cerah dan berkelanjutan.

Untuk itu, mari bersama-sama melangkah ke depan dengan semangat baru. Mari jadikan DIY sebagai yang terdepan dalam pariwisata berkelanjutan, yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga memelihara keberagaman budaya dan lingkungan kita. Kita memiliki potensi yang besar, dan bersama, kita dapat mewujudkan visi DIY sebagai destinasi pariwisata kelas dunia yang inklusif, berkelanjutan, dan inovatif.

Sekali lagi, terima kasih kepada semua stakeholder yang telah berkontribusi. Kita semua adalah bagian dari perjalanan ini, dan peran kita sangat penting dalam menentukan masa depan pariwisata DIY. Mari kita maju bersama, mendorong akselerasi dan sinergitas, untuk pertumbuhan pariwisata berkelanjutan di DIY.

Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,




Yogyakarta, 17 Januari 2024