BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan ENTRY MEETING ATAS PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN KEMENTERIAN/LEMBAGA DAN PEMERINTAH DAERAH T

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang terhormat:

  • Menteri Dalam Negeri RI;

  • Menteri Agama RI;

 

Yang saya hormati:

  • Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia;

  • Perwakilan Pimpinan Entitas Pemerintah Pusat;

  • Perwakilan Ketua DPRD Provinsi;

  • Perwakilan Gubernur;

  • Tamu Undangan dan Hadirin sekalian.



Seiring rasa syukur yang mendalam, kita berkumpul hari ini, atas berkat rahmat dan bimbingan Tuhan Yang Maha Kuasa. Keberadaan kita di sini, pada acara Entry Meeting Atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2023, bukanlah semata kebetulan, melainkan sebuah manifestasi dari komitmen kita bersama terhadap negara dan rakyat.



Para hadirin yang saya hormati,

 

Perkenankanlah saya, mewakili rekan-rekan Gubernur se-Indonesia, menyampaikan apresiasi mendalam atas penyelenggaraan acara ini. Terima kasih kepada Anggota V BPK RI, yang telah menginisiasi acara ini, dan kepada semua Kepala Daerah yang telah meluangkan waktu untuk hadir. Kehadiran kita adalah simbol dari komitmen bersama kita terhadap tata kelola keuangan negara.

 

Entry Meeting ini lebih dari sekadar prosedur. Ini adalah wadah esensial bagi kita, untuk memahami dan memperkuat proses audit keuangan. Diskusi hari ini, akan menentukan bagaimana kita menata pemerintahan yang transparan dan bertanggung jawab.

 

Kita patut bergembira atas kemajuan signifikan dalam penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan. Ini adalah hasil dari dedikasi dan kerja keras Pemerintah Daerah dan Badan Pemeriksa Keuangan, yang senantiasa berperan aktif dalam setiap proses perbaikan.

 

Para hadirin yang terhormat,

 

Dalam konteks good governance, penting untuk kita pahami, bahwa pemeriksaan laporan keuangan bukanlah sebuah akhir, melainkan menjadi sebentuk sarana. Sarana untuk mencapai tujuan utama kita: mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Transparansi, akuntabilitas, dan integritas bukan sekadar kata-kata; ini adalah prinsip yang harus menjadi dasar pengelolaan keuangan negara.

 

Kami, bersama semua pihak terkait, akan memberikan dukungan maksimal kepada Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas mereka. Saya yakin, dengan kerjasama erat dan komitmen kuat dari kita semua, proses audit ini akan membawa perubahan signifikan bagi kemajuan bangsa.

 

Marilah kita berdoa dan berupaya, agar kegiatan ini tidak hanya berjalan lancar, tetapi juga menghasilkan dampak yang luas dan mendalam. Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan dan kebijaksanaan untuk menjalankan amanah ini.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Jakarta, 23 Januari 2024