BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KUNJUNGAN KERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SUBANG

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang kami hormati,

  • Pemimpin dan rombongan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang;

  • Hadirin serta Tamu Undangan sekalian.

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir bersilaturahmi terkait Implementasi Pelaksanaan SAKIP Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam keadaan sehat wal’afiat. Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan kerendahan hati kami menyampaikan ucapan “Selamat Datang” di Yogyakarta kepada seluruh rombongan.



Bapak/Ibu sekalian,

 

DIY berhasil mempertahankan predikat tertinggi dengan nilai AA pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ke - 6 kalinya di tahun 2023 ini. Predikat AA ini diraih sejak tahun 2018, berturut-turut hingga sekarang, serta masih menjadi satu-satunya dan yang tertinggi di Indonesia.

 

Perolehan SAKIP selama 6 kali berturut-turut sejak tahun 2018 ini tidak lepas dari konsistensi menjalankan sistem pemerintahan yang akuntabel. Meskipun predikat AA sudah didapat melalui berbagai macam indikator penilaian, namun hal tersebut tidak lantas membuat kami berpuas diri.

Kami akan terus mengeluarkan inovasi yang mendukung kinerja pemerintahan, dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Public Policy dan teknologi menjadi hal yang tidak bisa ditawar untuk dikembangkan, baik di kabupaten/kota juga sudah memperoleh Predikat A, hingga ke kalurahan.



Bapak/Ibu sekalian,

 

Pemerintahan yang dipercaya oleh publik adalah mitra utama dalam menyelesaikan masalah-masalah publik. Kami berkomitmen untuk menyusun kebijakan dengan integritas dan menyediakan sumber daya yang diperlukan, untuk memastikan bahwa setiap pelayanan publik terlaksana tanpa terlewatkan. Komitmen ini selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, yang mengamanatkan bahwa semua aspek harus diperhatikan tanpa terkecuali.

 

Salah satu terobosan yang kami lakukan adalah penyelenggaraan desk timbal balik kinerja OPD dan Kabupaten/Kota tiap triwulan serta Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah (Rakordal) yang telah berjalan selama hampir satu dekade. Momentum ini telah dimanfaatkan oleh para kepala OPD dan Bupati/Wali Kota untuk melakukan evaluasi diri, memastikan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat Yogyakarta, serta menjaga kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas kinerja.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan. Besar harapan kami, kegiatan hari ini dapat menjadi wadah berharga bagi pembelajaran bersama dan ke depan dapat terjalin kolaborasi antara Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 26 Januari 2024