BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENYERAHAN PIAGAM “INDONESIAN BUSINESS, PROFESSIONAL, & EDUCATION AWARD 2024”

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.



Yang saya hormati:

 

  • Laksdya TNI (Purn.) Gunadi, MDA selaku Founder PT. Sembilan Bersama Media;

  • GKR. Mangkubumi, Ketua Kadin DIY;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat.

 

Hadirin sekalian,

Setiap peristiwa politik dapat memengaruhi stabilitas perekonomian. Negara yang memiliki kondisi politik yang stabil dapat menunjang peningkatan perekonomian karena pengaruh kepercayaan dan jaminan keamanan bagi investor.

Proses pemilu yang kita jalani ini sangat krusial untuk menentukan kebijakan bangsa ke depan, akan mendorong respons pasar seiring dengan fluktuasi beberapa indikator ekonomi selama periode pilpres.

Peristiwa politik dapat memberikan dampak positif bagi konstelasi kestabilan ekonomi, yang mendukung kestabilan pasar modal dan iklim investasi di Indonesia.

Perlu digarisbawahi bahwa pemilu bukan hanya akan menjadi panggung bagi demokrasi. Melainkan juga memberi dampak yang sangat besar pada pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan konsumsi dan juga kegiatan bisnis. Tantangan utamanya jelas terletak pada upaya menjaga keseimbangan antara optimisme ekonomi dan kebijakan pemerintah.

Untuk itu, masyarakat dan pelaku usaha untuk tidak mudah terprovokasi atas sentimen berita politik akan menjadi pokok yang sangat penting agar soliditas ekonomi dapat terjaga selama momentum pemilu serentak dilaksanakan. Maka, kematangan literasi ekonomi politik diperlukan untuk mencegah hal buruk yang berdampak secara luas bagi kestabilan ekonomi nasional.

Selain itu, saat ini, kita sedang berada di era perubahan besar yang dikenal sebagai Industri 4.0, dengan penandanya transformasi digital di segala lini kehidupan, dan untuk selanjutnya diikuti dengan konsep Masyarakat 5.0, dimana transformasi digital tadi dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk membangun sebuah peradaban yang lebih human-centered.

Dalam konteks berbangsa dan bernegara, untuk dapat bertahan dan bertumbuh di tengah transformasi serta untuk keluar dari–atau “berdamai” dengan distorsi, dibutuhkan dukungan, kolaborasi, dan kontribusi aktif dari seluruh elemen yang ada,  termasuk kalangan pelaku usaha, pendidik, dan sebagainya. Dibutuhkan manusia-manusia tahan banting yang kreatif dan inovatif, manusia-manusia yang dapat menjadi agen perubahan, sumber inspirasi, serta sosok panutan.

 

Hadirin sekalian,

Adapun penghargaan hari ini dimaksudkan sebagai ajang introduksi, rekognisi, serta publikasi para tokoh terpilih, yang dianggap telah berhasil menorehkan prestasi dalam pembangunan bangsa.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan Selamat, sekaligus menyampaikan apresiasi kepada saudara-saudara semua, para penerima penghargaan. Ini adalah wujud pengakuan publik atas kontribusi serta pencapaian saudara-saudara semua, baik yang dilakukan atas nama pribadi ataupun atas nama institusi yang saudara wakili.

 

Tentunya, menjadi harapan kita bersama pula, kontestasi demokrasi Indonesia pada Pemilu 2024 ini memberi benefit luas bagi kemajuan ekonomi, sekaligus peningkatan kemakmuran masyarakat.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, perlindungan dan kemudahan dalam setiap langkah dan upaya.

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 26 Januari 2024