BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN MEMBANGUN SMART CITY DENGAN PENDEKATAN ROAD SAFETY POLICING

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

 

Yang saya hormati:

  • Kepala Kepolisian Daerah DIY beserta seluruh jajarannya;

  • Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian

 

Yogyakarta, dengan semangatnya yang tak pernah padam, telah lama menjadi pusat pendidikan, budaya, dan pariwisata. Sebagai primadona yang memikat hati setiap pengunjung, kini kita berada di ambang transformasi besar. Tantangan urban yang kompleks menuntut kita untuk berinovasi, berkolaborasi, dan memanfaatkan teknologi digital. Oleh karena itu, Program Smart Province" dengan pendekatan Road Safety Policing bukan hanya langkah, tetapi lompatan ke depan untuk Yogyakarta.

Diawali inisiatif pada hari ini, kita akan membangun Yogyakarta, dimana setiap elemen kota saling terkoneksi, dari lampu lalu lintas yang responsif terhadap kondisi lalu lintas real-time, hingga sistem pengawasan terintegrasi untuk meningkatkan keamanan publik. Di mana data dan teknologi bukan hanya alat, tetapi juga sahabat yang membantu kita, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk semua.

Sebagai contoh terbaik praktek road safety di dunia, kita dapat menoleh ke Kota Helsinki, Finlandia, yang berhasil mencapai nol kematian pejalan kaki atau pengendara sepeda di tahun-tahun terakhir.

Helsinki mengadopsi pendekatan holistik dalam manajemen lalu lintas, yang melibatkan perencanaan kota yang cerdas, infrastruktur yang mendukung, dan kampanye kesadaran publik yang intensif. Dari Helsinki, kita belajar bahwa dengan komitmen dan strategi yang tepat, visi nol kematian di jalan bukanlah mimpi.

Untuk itu, Saya ingin menyampaikan penghargaan yang dalam kepada Polda DIY, yang telah menjadi pionir dalam inisiatif ini. Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, saya meminta untuk segera menindaklanjuti dengan langkah-langkah konkret, seiring dengan potensi-potensi Jogja Smart Province, yang akan membawa kita lebih dekat kepada realisasi visi kita.

 

Hadirin yang saya hormati,

Pembangunan Smart City dengan pendekatan Road Safety Policing, adalah langkah kita menuju Yogyakarta yang lebih cerdas, aman, dan inklusif. Ini adalah visi kita bersama, untuk menciptakan kota yang tidak hanya dikenal akan keindahan dan kebudayaannya, tetapi juga sebagai simbol kemajuan, inovasi, dan keamanan.

Untuk itu, mari kita bekerja sama, lintas sektor dan disiplin ilmu, untuk mewujudkan Yogyakarta masa depan. Sebuah kota yang tidak hanya kita impikan, tetapi juga kita bangun bersama, hari ini.

Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras Anda semua. Bersama, kita akan mewujudkan Yogyakarta sebagai model Smart City yang berkelanjutan dan aman.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 6 Januari 2024