BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Desa Panggungharjo Bantul dinilai Tim Verifikasi Lomba Desa Tingkat DIY

Desa Panggungharjo Bantul dinilai Tim Verifikasi Lomba Desa Tingkat DIY

Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan dan kemandirian masyarakat dalam pembangunan yaitu melalui penguatan kapasitas pengembangan kelembagaan masyarakat dalam pembangunan dengan penyelenggaraan perlombaan Desa dan Kelurahan yang diatur dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2007 tentang penyelenggaraan perlombaan Desa dan Kelurahan. Hal itu dalam upaya mendorong penguatan otonomi Desa dan Penigkatan kinerja aparat serta untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan Penerintahan Desa/Kelurahan di setiap sektor Pembangunan.

Demikian disampaikan Gubernur DIY dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Biro Organisasi Setda DIY Drs YB Jarot Budiharjo sekaligus Ketua rombongan Tim Verifikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat DIY.

Rombongan Tim Verifikasi lomba Desa/ Kelurahan Tingkat DIY di terima oleh Bupati, Bantul, Hj. Sri Surya Widati, di Balai Desa Panggunghardjo, Sewon Bantul. Pada Jum?at ( 23 /05).

Lebih Lanjut dikatakan Oleh Ketua Rombongan bahwa, Perlombaan Desa/Kelurahan merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada masyarakat untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan. Dari sudut manajemen pemerintahan, Perlomban Desa merupakan salah satu alat manajemen yang bersifat menghargai keberhasilan guna membenahi kekurangan dengan penekanan kepada perlunya memberikan penghargaan bagi siapapun yang berhasil dalam mengemban tugas.

Sementara itu Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm selaku Kepala Desa menjelaskan bahwa Desa Panggungharjo, memiliki luas wilayah 560.966,5 Ha terdiri dari 14 Dusun dengan jumlah penduduk tahun 2013 adalah 27.392 jiwa laki laki 13.321 dan Perempuan 14.071.

Setelah paparan dari Kepala Desa Panggunghardjo Sewon Bantul, acara dilanjutkan dengan penilaian Administrasi oleh Tim Verifikasi mulai dari administrasi di Desa Panggungharjo hingga penilaian lapangan ada 3 titik yakni , Dusun Sawit, Dusun Pandes dan Dusun Glugo. (bin/skm )

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY