BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Verifikasi Lapangan Oleh Tim Lomba Desa di Kelurahan Wirogunan Yogyakarta

Verifikasi Lapangan Oleh Tim Lomba Desa di Kelurahan Wirogunan Yogyakarta

Dihari ketiga Tim Lomba Desa Tingkat Provinsi DIY tahun 2014 melaksanakan verifikasi data di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan Yogyakarta, Senin (26/05). Tim diterima oleh lurah berserta jajarannya serta masyarakat kelurahan di Pendopo Kantor Kelurahan yang berada di tengah-tengah perkampungan.

Kelurahan Wirogunan merupakan salah satu kelurahan diantara empat puluh lima kelurahan di Yogyakarta, berpenduduk 11.096 jiwa. Wilayah ini mempunyai 7 kampung yang terdiri dari : Mergangsan Lor, Surokarsan, Wirogunan, Bintaran, Mergangsan Kidul, Nyutran dan Joyonegaran.

Banyak potensi yang dipunyai Kelurahan Wirogunan, antara lain terletak di sepanjang jalan Sultan Agung, Jalan Tamansiswa hingga Jalan Kolonel Sugiono. Potensi tersebut antara lain adalah : terdapat usaha jasa percetakan dan desain, pendidikan formasl maupun informal mulai dari Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Aneka ragam kuliner juga terdapat di kelurahan ini baik berupa makan dan minuman, maupun beraneka ragam kue. Disamping itu terdapat jasa perhotelan yang sangat mendukung industri pariwisata Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu Gubernur DIY dalam amanatnya yang disampaikan oleh Kepala Biro Kesra Setda DIY, Drs.Wijoseno Hario Bimo antara lain mengemukakan bahwa, perlombaan desa yang dilaksanakan merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan aparatur desa bersama masyarakat dalam membangun desanya. Untuk itu Kepala Desa beserta jajaranannya diingatkan hendaknya dapat memetik hikmah dari pelaksanaan perlombaan tersebut, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sekaligus dapat menjadi contoh untuk membangun desanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Yogyakarta yang diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Yogyakarta, CH Lusi Irawati menyampaikan dengan hadirnya tim verifikasi ke Kelurahan Wirogunan merupakan motivasi bagi lurah dan perangkatnya. Menurut Wawali, bukan hasil yang menjadi tujuan utama, namun diharapkan kinerja aparat dapat menjadi lebih baik dan berkesinambungan.

Selain dilaksanakan pencocokan data di Kelurahan, Tim Verifikasi diajak untuk meninjau 7 titik yang dipunyai oleh kelurahan Wirogunan yang berisi aneka partisipasi masyarakat dari kegiatan yang berujud seni hingga home industri.(teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY