BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Praktikum Prodi Administrasi Pemerintahan UNPAD ke Pemda DIY

Praktikum Prodi Administrasi Pemerintahan UNPAD ke Pemda DIY

Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karenanya pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan ataupun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Demikian Gubernur DIY dalam amanatnya yang disampaikan oleh Kepala Biro Organisasi Setda DIY, Drs. Djarot Budiharjo dalam penerimaan kunjungan lapangan mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Pemerintahan Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pajajaran Bandung ke Pemda DIY pagi ini, Kamis (12/06) di Gedung Unit 9 Kepatihan Yogyakarta.

Menurut Gubernur DIY, peningkatan kulaitas pelayanan publik mutlak diperlukan mengingat kondisi sosial masyarakat yang semakin baik, sehingga mampu merespon setiap penyimpangan dalam pelayanan publik dengan gerakan, maupun tuntutan melalui media cetak dan elektronik.

Saat ini masyarakat juga semakin sadar apa yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai warga Negara dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Masyarakat semakin berani untuk mengontrol apa yang dilakukan pemerintahannya, tegas Gubernur.

Pelayanan publik oleh birokrasi publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur Negara sebagai abdi masyarakat disamping sebagai abdi Negara untuk menyejahterakan masyarakat.Oleh sebab itu, peayanan publik harus dilakukan secara professional sehingga mampu menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kretiafitasnya untuk mengatur dan menentukan masa depannya sendiri.

Dalam kesempatan yang sama pula Gubernur DIY menjelaskan bahwa, fokus utama dalam etika pelayanan publik adalah apakah aparatur pelayanan publik telah mengambil keputusan dan berperilaku yang dapat dibenarkan dari sudut pandang etika, sehingga pada akhirnya yang diharapkan masyarakat adalah mendapatkan kepuasan dari pemerintah melalui pelayanan publik yang mengedepankan etika profesi.

Dalam kesempatan itu Kepala Biro Organisasi Setda DIY juga menyampaikan bahwa dalam kunjungan pratikum tersebut dapat mempunyai kesan tersendiri, sehingga diharapkan para tamu akan rindu kembali untuk datang ke Yogyakarta.

Menurut pimpinan rombongan Drs. D Acep Jatmiko, setelah mahasiswa program diploma III ini melaksanakan kunjungan praktikum di Pemda DIY, maka akan dilaksanakan survey index kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah, sehingga pada saatnya nanti apabila menjadi pelayan masyarakat akan mendapat gambaraan dalam melakukan pelayanan masyarakat. (teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY