BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Launching Puslatda Pra PON DIY XIX

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Launching Puslatda Pra PON DIY XIX

Bertempat di Bangsal Kepatihan Yogyakarta dan disaksikan Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Melaunching Pemusatan Latihan Daerah (PUSLATDA) DIY Pra PON XIX 2016 dengan ditandai pengenaan jaket kepada 2 perwakilan Atlit Pra PON masing-

?

masing kepada Liontin A atlit Balap Sepeda serta Arief Darmanto atlit Taekwondo.

Ketua KONI DIY GBPH.H.Prabukusumo.S.Psi dalam laporannya menjelaskan bahwa Tim Pra Pon XIX yang akan mengikuti Pemusatan Latihan Daerah yang dipersiapkan dalam PON Tahun 2016 di Jawa barat sebanyak 100 Atlit, 33 orang Pelatih dan 25 orang Panitia Monitoring dan Evaluasi.

Methode Puslatda menggunakan system promosi dan degradasi dengan control yang semakin ketat yang salah satunya adalah para atlit seminggu berlatih minimal selama 12 jam. Dan sasaran Puslatda Pra PON adalah pengembangan kondisi fisik dengan harapan para atlit mampu berlatih berat pada Puslatda Pra PON selama 2 tahun 9 bulan atau 2014-2016 sehingga dapat lolos kualifikasi Pra PON XIX minimal dengan ranking 4 . Serta ending dari Pra PON tersebut adalah dengan target PON XIX Tahun 2016 dengan perolehan medali emas 15 atau peringkat 10 dari 33 provinsi.

Gubernur Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan pengarahannya antara lain mengatakan bahwa semua orang akan melakukan apapun bagi kita, bila kita pun melakukan mereka dengan penuh hormat, penting dan berharga. Kritik menurut Sultan sering menghancurkan harapan perbaikan, sedangkan sebuah penghargaan selalu mendorong orang lain untuk melakukan lebih baik lagi. ? Apakah ada kritik yang membangun tanya Sultan. Tentu ada,, tetapi yang pasti adalah penghargaan yang membangun ? tegas Sultan.

Lebih lanjut Gubernur DIY menyatakan bahwa prestasi Olah raga adalah menunjukkan tingginya ketahanan bangsa dan keberadaban bangsa, karena selalu berusaha untuk lebih berprestasi di semua aspek dalam kehidupan bangsa.

Dibagian lain dalam sambutannya Sultan menandaskan bahwa dengan lebih banyak mengikuti kompetisi seorang pelatih akan lebih mudah menentukan prioritas dari kompetisi itu. Diakui Gubernur DIY bahwa kompetisi adakalanya dijadikan pemanasan untuk mematangkan kondiei fisik saja dan selanjutnya atlit harus diberi feat back yang positive atas pencapaian prestasinya.Dengan feat back inilah atlit akan mengetahui kekurangan dan kekuatan dirinya agar atlik mempunyai informasi untuk meningkatkan prestasinya.

Mengakhiri sambutannya Gubernur DIY mengingatkan bahwa setiap atlit menginginkan juara, untuk itu seluruh atrit harus disiplin dalam berlatih dan mengikuti program yang diberikan pelatih. Usaha yang dibarengi semanagat akan melengkapi semangat bertanding. Dan yang terpenting tegas Sultan adalah haruslah berawal dari niat dari atlitnya sendiri. Bekerja tanpa batas untuk mencapai prestasi harus digelorakan seorang atlit. Prestasimu adalah harga dirimu.(kar/Skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY