BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Gubernur DIY Menerima Tim Evaluasi Expiring Geoparks Gunungsewu

Gubernur DIY Menerima Tim Evaluasi Expiring Geoparks Gunungsewu

Pengelolaan Kawasan Geoparks Gunungsewu hendaknya bisa berkelanjutan sehingga dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar serta dapat membangun kebersamaan. Demikian disampaikan Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X di ruang kerjanya, Gedong Willis Kepatihan Yogyakarta dalam menerima Tim Evaluasi Expiring Geoparks Gunungsewu yang juga Asessor GGN (The Global Geoparks Network) Kristin Rangers, yang didampingi oleh Ir.Firmansyah Rahim, MM, Mantan Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Dr. Ir. Surono, Msc., Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM tadi pagi, Selasa (08/07).

Menurut Gubernur DIY, Kawasan Geoparks yang akan diusulkan ke UNESCO pada bulan September mendatang di Kanada, berbeda dengan warisan budaya biasa, namun bagaimana aspek-aspek yang mengelilinginya harus diintegrasikan, sehingga bukan menjadi kawasan yang terbatas, namun masyarakat di sekelilingnya yang ada harus bisa menjaga warisan tersebut dan mendapat manfaat darinya.

Kawasan Geoparks Gunung Sewu harus menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan karena akan dapat saling membantu antar daerah, tambah Sultan. Hal ini bisa dimulai dengan potensi-potensi yang ada.

Sultan menghimbau kepada para pemangku kepentingan untuk tetap mempunyai komitmen yang sama dalam pengelolaan Geoparks Gunungsewu tersebut, sehingga akan terjaga keberlangsunganya.

Dalam kesempatan tersebut Kristin Rangers mengemukakan bahwa dari pengembangannya Geoparks akan dievaluasi lebih lanjut 4 tahun sekali dan hal ini akan menjadi tantangan bagi tiap-tiap daerah dalam pengembangannya yaitu: Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri-Jateng dan Kabupaten Pacitan-Jatim.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, ke depannya perlunya geosains yang terlibat agar Gunungsewu bisa menjadi Geoparks yang baik, dan semua orang tanpa terkecuali seperti para siswa, guide dan masyarakat lainnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut adalah Bupati Gunungkidul, Hj Badingah, SSos; Bupati Pacitan, Drs. Indartato, MM dan Sekda Kabupaten Wonogiri, Drs. Suharno.MPd. (teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY