BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Gubernur DIY Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Pasukan Ketupat Progo 2014

Gubernur DIY Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Pasukan Ketupat Progo 2014

Apel Siaga Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2014 Polda DIY dalam rangka pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1435 H dan pengamanan hasil pilpres 2014 dilaksanakan tadi pagi ,( Senin 21/08) di Alun-alun Utara Yogyakarta, yang dipimpin langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

?

Operasi Ketupat 2014 akan digelar selama 16 hari, mulai tanggal 22 Juli sampai dengan 6 Agustus 2014, yang difokuskan pada pengamanan segala bentuk aktivitas masyarakat. Apel tersebut dihadiri oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip S, Danlanal Yogyakarta, Danlanud ADS Yogyakarta, Komandan pasukan TNI AD, Kepala Staff Resort Militer, Ketua DPRD DIY, Wakil Kepala Kejaksanaan Tinggi, Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Kepala Cabang Jasa Raharja DIY, Ketua PMI DIY dan segenap Pejabat Instansi Sipil maupun Pasukan Militer Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (KAPOLRI ) melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan hendaknya dapat dilakukan pengecekan mendetail sehingga seluruh rencana yang telah dirancang dengan matang dapat diimplementasikan secara optimal, sehingga keamanan, kenyamanan dan kondusifitas pada perayaan Idul Fitri 1435 H juga di pusat perbelanjaan, tempat Ibadah dan tempat rekreasi yang sudah menjadi tradisi keramaian benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat meskipun momen pengamanan lebaran bertepatan dengan agenda nasional Pemilu 2014.

Menurut Kapolri bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik kurang lebih 27,9 juta jiwa dari jumlah pemudik tahun lalu. Hal tersebut yang kemudian menjadi kekhawatiran akan timbulnya berbagai potensi kerawanan, baik segi kriminalitas maupun kamseltiblancar lantas seperti kemacetan dan kecelakaan.

Kecelakaan lalu lintas masih relatif tinggi meskipun terjadi penurunan angka kecelakaan dan korban meninggal pada Operasi Ketupat tahun lalu, sehingga diperlukan suatu upaya sunguh-sungguh dalam mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki agar kerawanan pada pengamanan lebaran tahun ini dapat diminimalisir secara lebih signifikan.

Apel tersebut ditutup dengan serah terima mobil ambulance dan perlengkapannya sebagai sarana penunjang Operasi Ketupat dari Kepala Cabang PT Jasa Raharja DIY, H. Nasir Obed kepada Brigjen Pol Oerip S Kapolda DIY disaksikan langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.(sari,Kar/Skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY