BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Yamanashi Jepang Jajaki Kerja Sama dengn DIY

Yamanashi Jepang Jajaki Kerja Sama dengn DIY

Prefectur Yamanashi Jepang yang diwakili oleh Wakil Gubernurnya Hiraide Wataru bersama rombongan, melakukan audiensi dengan Gubernur DIY,? Sri? Sultan Hamengku Buwono X, diterima? di Gedhong Willis, Kepatihan Yogyakarta, Selasa (12/8).

Pada kesempatan ini Wataru mengaku ingin melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta karena ada beberapa kesamaan antara Yamanashi dengan? Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yamanashi memiliki Gunung Fuji dan memproduksi sutera. Demikian juga, Pemerintah Daerah DIY memiliki Gunung Merapi dan menghasilkan kain sutera. ?Karena itu kami mohon kepada Gubernur DIY, agar kedepan ada kerja sama antara Yamanashi dengan Pemerintah DIY, sehingga banyak peluang yang bisa dilakukan. Sekarang kami baru menanyakan apa saja yang bisa dikerjasamakan?, ujar Wataru

Wataru mengungkapkan, di Yamanashi ada Gunung Fuji yang oleh UNESCO dimasukan dalam situs warisan dunia. ?Karena itu kami berharap dengan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan kerjasama salah satunya tentang kegunung apian. Karena kami belum tahu kapan Gunung Fuji meletus. Sementara di Yogyakarta, ada Gunung Merapi yang sering meletus dan mempunyai pengalaman dalam penanganan korban Gunung Merapi ketika meletus?, katanya.

Ditambahkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, bahwa Yogyakarta dan Yamanashi memiliki banyak persamaan baik di bidang geologi dan sektor pertanian, ?Yogyakarta dan Yamanashi mempunyai gunung api dan kiri kanannya pegunungan semua, hanya perbedaannya di Yamanashi ada salju dan di Jogja tidak ada. Untuk memelurkan pembelajaran untuk menghadapinya. Kami juga melihat persamaan potensi yang sama disektor pertanian karena memiliki tanah yang subur karena lava?. Yamanashi Prefektur juga ingin membantu 60 anak kurang mampu yang suka bermain bola untuk dididik menjadi pemain yang baik, lanjut Sultan saat menjelaskan kerjasamanya di bidang olahraga.

Sultan berharap kerjama yang akan dilakukan nantinya bisa meningkatkan pengetahuan dan membangun kesejahteraan masyarakat, ?Kolabarasi kerjasama ini agar menjadi hal yang penting dimana kita bisa saling belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan membangun kesejahteraan masyarakatnya?.

Menurut Hiraide Waratu, kerja sama ini tidak hanya dilakukan antara pemerintah dengan pemerintah saja, melainkan juga antara swasta ?Bukan hanya kerjasama dalam bidang fulkanologi kegunung apian Fuji dan Merapi, kami juga akan melakukan kolaborasi di bidang tekstil tenun Yamanashi dan batik Yogyakarta.? ?, lanjut Hiraide.(skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY