BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Puncak Hari Pramuka Ke-53 Tingkat DIY dimeriahkan Atraksi Ketrampilan Anggota Pramuka Gunung Kidul

Puncak Hari Pramuka Ke-53 Tingkat DIY dimeriahkan Atraksi Ketrampilan Anggota Pramuka Gunung Kidul

Menyongsong Indonesia Emas, 31 tahun bagi anak-anak yang sekarang ini masih duduk di SMA/SMK dan Madrasah Aliyah yang akan menjadi pemimpin negeri ini. Oleh karena itu, pembentukan karakter menjadi sangat penting apabila tidak ingin tahun 2045 masih banyak korupsi dan dekodensi moral,

?

sehingga Gerakan Pramuka merupakan salah satu media untuk pembentukan karakter anak-anak bangsa tercinta ini.

Penegasan demikian disampaikan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX ketika membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY pada puncak Peringatan Hari Pramuka ke-53 Tingkat DIY tahun 2014 yang dipusatkan di Alun-alun Wonosari, Kabupaten ,Gunung Kidul tadi pagi (Kamis,14/8).

Sehubungan dengan hal tersebut lebih lanjut Gubernur DIY HB X menyatakan bahwa, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, secara tegas dan jelas merumuskan tujuannya yaitu membentuk sikap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum , disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga NKRI, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Mengingat strategisnya Gerakan Pramuka dalam penyiapan dan pembentukan karakter calon pemimpin bangsa Indonesia maka melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan diputuskan Pendidikan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Namun demikian menurutnya Implementasi dari keputusan ini memang masih harus dikoordinasikan dan disiapkan bersama antara Gerakan Pramuka dengan jajaran Dinas Pendidikan dan Pemuda baik di tingkat Daerah maupun di Tingkat Kabupaten dan Kota

Terkait dengan hal ini Gubernur DIY melalui Paku Alam IX mengharapkan, kebijakan ini segera disosialisasikan kepada jajaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Bidang terkait, Kwartir Cabang, Kepala Sekolah Pembina dan seluruh guru yang ada di sekolah. Gerakan ini juga perlu dukungan semua pihak termasuk Pemerintah Daerah, Orangtua siswa dan masyarakat pada umumnya.

Berkenaan dengan ulang tahun? yang ke-53 Gerakan Pramuka DIY disamping mengajak seluruh anggota Pramuka untuk mengeratkan dan? memantapkan? Gerakan untuk membentuk karakter anak didik kita untuk menjadi pemimpin-pemimpin yang menjaga, memajukan dan mengembangkan bangsa Indonesia tercinta juga mengucapkan selamat dan terima kasih Kepada Bupati Gunungkidul selaku Ka. Mabicab Gunungkidul, sehingga upacara Hari Pramuka ke-53 di Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan di Gunung Kidul dapat berjalan meriah dan lancar, serta kepada para penerima penghargaan baik Melati, Darmabakti, Pancawarsa dan Kwarcab Tergiat di DIY.

Dalam puncak Peringatan Hari Pramuka tersebut? dihadapan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX ditampilkan berbagai atraksi anggota Pramuka yaitu merangkai draghbar, pendirian tenda. Pembuatan menara segi tiga, panjat halangrintang dan merayap serta jathilan kreasi baru diperankan oleh anggota siaga Gertakan Pramuka di Kabupaten Gunung Kidul? dengan waktu hanya 8 menit,Penampilan dari para anggota pramuka tersebut? mendapatkan apresiaasi dan perhatian Wakil Gubernur dan hadirin.

Dan yang cukup mendapatkan perhatian serius dari Wakil. Gubernur Paku Alam IX dan Bupati Gunung Kidul yaitu salah satu pengendang perempuan kecil yang jarang kita temukan dan lihai memainkan suara kendang untuk mengiringi joget jathilan tersebut.(kar/skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY