BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Paskibraka se-DIY Ramah Tamah dengan Gubernur Sri Sultan HB X

Paskibraka se-DIY Ramah Tamah dengan Gubernur Sri Sultan HB X

Sebagai wujud perhatian Pemerintah DIY terhadap peran serta dan keberadaan Paskibraka di Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (18/8) diselenggarakan kegiatan ramah tamah Gubernur DIY dengan Paskibraka se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh 555 orang yang terdiri dari anggota paskibraka dari Kabupaten dan Kota di DIYyang juga dihadiri pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua DPRD DIY dan juga pelatih, pembina dan pendamping Paskibraka se-DIY.

Asisten Pemerintahan Setda DIY Drs. Sulistyo SH, CN, MSi yang juga sebagai Ketua Panitia Peringatan HUT ke 69 Kemerdekaan RI Tingkat DIY tahun 2014 kepada Gubernur DIY, dalam laporan penjelasannya mengatakan bahwa siswa yang dapat menjadi anggota paskibraka, harus mengikuti seleksi dari tingkat kabupaten/kota hingga seleksi tingkat nasional. Seleksi tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada kisaran bulan April hingga awal Mei yang selanjutnya meloloskan 4 siswa putra dan 4 siswa putri dari tiap daerah untuk seleksi tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 20-22 Mei 2014. Dan kemudian seleksi tingkat DIY yang diikuti oleh 40 peserta meloloskan 2 siswa putra dan 2 siswa putri untuk selanjutnya dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi tingkat Nasional.

Pada seleksi Tingkat Nasonal yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada tanggal 30 Juli hingga 1 Agustus 2014 terpilih satu pasang siswa yang mana keduanya merupakan siswa SMA N 3 Yogyakarta, yaitu Gusmita Ristiningrum yang kemudian bertugas di kelompok 17 dan Laksanto Rasyidi bertugas sebagai pengibar kiri.

Anggota paskibraka tidak hanya pandai dalam baris-berbaris, selama pelatihannya anggota paskibraka juga mendapatkan materi peningkatan wawasan, rasa nasionalisme dan pemebentukan karakter antara lain pendekatan desa bahagia, wawasan kebangsaan, kebudayaan, keistimewaan DIY, makna dan lambang Negara dan sejarah, tugas pokok dan fungsi paskibraka.

Menurut Gubernur DIY Sri Sultan HB X Anggota paskibraka merupakan siswa yang terpilih dari sekian banyak siswa. Oleh karena itu dia berpesan agar siswa-siswi pilihan yang menjadi Penmghibar Bendera Pusaka ini dapat menjadi pagar-pagar pembangunan yang baik di Yogyakarta khususnya di dalam pemahaman rasa kebangsaan.

Selian itu juga Sultan berharap siswa-siswi purna eka Paskibraka dapat melanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi sehingga ketika menjadi satu dengan teman-temannya telah mempunyai kemampuan dan integritas yang jelas untuk menghadapi tantangan jaman.

Dialog dan ramah tamah dengan Gubernur langsung dengan anggota paskibraka dengan dipandu oleh kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Drs. Kadarmanta Baskara Aji. Selain kegiatan ramah tamah, juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan karyawisata kepada paskibraka sebagai bentuk apresiasi pemerintah.(Sari/kar/Skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY