BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Sultan HB X Jamu Peserta Konferensi Asset Recovery Interagency Network Asia Pacific (ARIN-AP)

Sultan HB X Jamu Peserta Konferensi Asset Recovery Interagency Network Asia Pacific (ARIN-AP)

Bertempat di Bangsal Sri Manganti Karaton Yogyakarta Raja Yogyakarta yang sekaligus Gubernur DIY semalam (Senin,25/8) menjamu peserta Konferensi Asset Recovery Interagency Network Asia Pacific yang berasal dari Negara-negara di kawasan Asia Pasific dengan jamuan resmi dan dengan suguhan tari Kraton Yogyakarta Asmorodono Bowo rogo serta Tari Golek Menak Putri Rengganis Ada Widaninggar ciptaan Sri Sultan HB IX.

Adapun 15 negara Peserta Konferensi tersebut yang hadir pada jamuan makan malam yang dislenggarakan Kraton Yogyakarta tersebut : delegasi dari Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Mongolia, Tiongkok, Taiwan, Korea

?

Selatan, Jepang, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, Kepulauan Marshalls, Australia dan Selandia Baru.

Presiden Jaringan Kerjasama Penindakan Asset untuk Negara-negara Asia-Pasifik Cuk Suryo Sumpeno,SH dalam sambutannya menyatakan bahwa telah lama mempunyai impian bisa berjabat tangan dan duduk bersanding dengan Ngaraso Dalem Sinuwun Sultan Hamengku Buwono X. Namun hal itu ditentang istrinya kalau hanya bisa salaman dan duduk bersanding dengan Sultan, tetapi lebih bermakna apabila saya kata Suryo Sumpeno harus bisa melakukan sesuatu untuk bangsa ini dan akan tiba saat dapat duduk bersanding dengannya berselimut rasa bangganya. Dan betul malam ini, tandas Presiden Jaringan Kerjasama Penindakan Asset unttuk Negara-negara Asia Pasifik Cuk Suro Sumpeno,SH menjadi kenyataan di jamu beliau (Sultan-red) dan akhirnya kami bisa menyumbangkan buah pemikiran demi Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia Andi Nirwanto mengucapkan banyak terima kasiah atas jamuan makan malam yang disediakan Sri Sultan Hamengku Buwono X bagi peserta Konferensi Asset Recovery Interagency Network Asia Pacific.

Sedangkan Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan apresiasinya bahwa Konferensi Asset Recovery Interagency Network Asia Pacific di selenggarakan di Yogyakarta dan dalam jamuan makan malam ini dia tidak akan memberikan sambutan yang berat-berat menambah beban pikiran bagi peserta karena sudah lelah seharian mengikuti pertemuan-pertemuan.

Sultan HB X hanya memberikan penjelasan sejarah Agama masuk ke Jawa , sejarah panjang berdirinya Kraton Mataram hingga berdirinya Kraton Yogyakarta sampai saat ini. Dengan penjelasan tersebut peserta jamuan makan malam dengan seksama dan tertegun hening mendengarkan apa yang disampaikan ngarso dalem tersebut sampai akhirnya diberikan cendera mata berupa buku Kraton masing-masing kepada Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia Andi Nirwanto dan Presiden Jaringan Kerjasama Penindakan Asset untuk Negara-negara Asia-Pasifik Cuk Suryo Sumpeno,SH.

Usai sambutan-sambutan peserta Konferensi Asset Recovery Interagency Network Asia Pacific (ARIN-AP) menikmati jamuan makan malam serta menikmati suhuha 2 tari dari Krtaon Yogyakarta. ()Kar/Skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY