BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Tahun 2030 Waiting List Calhaj DIY Mencapai 46.863 Orang

Tahun 2030 Waiting List Calhaj DIY Mencapai 46.863 Orang

Haji mabrur adalah mereka yang berkemauan dan berkemampuan untuk membangun keselarasan antara menjadi saleh secara vertikal dan horisontal demikian.'' ungkapan Gubernur DIY, Sultan HB X dalam? acara pamitan? calon jemaah haji asal DIY.? Selasa (02/09) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Mengutip Hadist Riwayat Bukhari-Muslim yang mengemukakan bahwa ?Barang siapa yang berniat haji karena Allah, kemudian ia tidak berkata kotor dan berbuat jahat, maka dirinya akan mendapat sebuah keberadaan faktual seolah-olah dirinya telah kembali menjadi bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.? Para ulama melakukan simplifikasi penjelasan dengan merujuk pada tuntunan Rasul tersebut, haji mabrur memiliki tiga karakteristik terpuji.

Yang pertama, konsekuensinya seorang haji mabrur harus mampu membuktikan dirinya dalam wujud dan perilaku keseharian yang humanis, hidup sederhana, penuh kebersamaan, amat peduli terhadap keadaan dan nasib orang lain, terutama bagi kaum dhuafa, mereka yang lemah dan mustadh?afin, kaum yang terlemahkan oleh keadaan.

Kedua, haji yang mabrur adalah seorang haji bertutur kata dengan kalimah thoyyibah, kata-kata yang baik, bijak, santun dan bermanfaat, taushiyah atau nasihat yang berguna bagi orang lain dan masyarakat.

Ketiga, haji yang mabrur adalah mereka yang berkesadaran untuk menebar salam yang senantiasa berkesadaran untuk merajut silaturahim dan mempererat ukhuwwah Islamiyah, ukhuwah watoniyah dan sekaligus ukhuwah insaniyah, sejalan dengan ajaran leluhur ?hamemayu-hayuning bawana?. Hal itu mengandung arti bahwa ibadah haji menjadi wahana pengayaan pengalaman ruhani yang inspiratif terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Sementara itu Ketua Panitia dan sekaligus Kakanwil Kemenag DIY, Drs. Maskul Haji.M.PdI, antara lain menyampaikan bahwa hingga tahun 2030 waiting list calon jamaah haji DIY sudah mencapai 46.863 orang.

Tahun ini DIY memberangkatkan 2.456 jamaah calon haji yang terdiri dari 1.166 laki-laki dan 1.290 perempuan ditambah 53 petugas haji. Jamaah haji termuda DIY adalah Arif Muhammad Bin Muhammad Ardjani yang berasal dari Kota Yogyakarta dengan usia 18 tahun. Sedangkan calon jamaah tertua adalah Tukiran Darmo Sumarto yang berasal dari Kabupaten Bantul dengan usia 92 tahun.

Untuk tahun ini sebagai ketua Kafilah DIY adalah Inspektur Daerah Kota Yogyakarta, Drs. Wahyu Widayat, MSc, MM. Sedangkan kelompok terbang bagi calhaj DIY adalah tergabung dalam gelombang 1 yang terbagi dalam 7 kelompok terbang, dari kloter 23 SOC sampai 29 SOC. Adapun jadwal pemberangkatan masuk asrama haji Donohudan mulai Selasa 9 September 2014 hingga Kamis 11 September 2014. Sedangkan perkiraan tiba kembali di Solo adalah tanggal 19 Oktober hingga 21 Oktober 2014.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Sementara DPRD DIY Periode 2014 ? 2019 adalah Yoeke Indra Agung Laksana, SE , Unsur Forkopimda DIY, para Kepala SKPD DIY. (teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY