BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Yogyakarta Jajaki Peluang Kerjasama Sister City dengan Pakistan

Yogyakarta Jajaki Peluang Kerjasama Sister City dengan Pakistan

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, siang ini (02/09) di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan Yogyakarta, menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Attiya Mahmood, serta Duta Besar Indonesia untuk Pakistan, Burhan Muhammad, yang hadir beserta Ibu Lilis Burhan Muhammad.

Menurut Attiya, tujuan utama kujungan ini adalah untuk meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dengan Pakistan. Sedangkan secara spesifik, ada ide untuk menjalin sister city dengan salah satu kota di Pakistan. Attiya menjelaskan, masyarakat Pakistan tidaklah homogen. Tiap-tiap provinsinya pun memiliki budaya dan bahasa sendiri-sendiri. Karena itu, Pakistan sangat tertarik dengan semangat unity in diversity yang dicontohkan oleh Indonesia.

Menanggapi hal itu, Sri Sultan mengatakan bahwa kondisi Indonesia yang heterogen namun penuh toleransi ini, terbangun dari kultur masing-masing etnik untuk menghargai orang lain dan menghargai agama lain. Hal itu sudah berlangsung dari generasi ke generasi, bahkan jauh sebelum Indonesia lahir. Kearifan lokal masing-masing etnik itulah yang kemudian dituangkan dalam semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika. Sekarang ini, menurut Sri Sultan, kita perlu kembali menciptakan generasi muda yang bisa menghargai orang lain dan memiliki kemampuan introspeksi sehingga toleransi dapat terus terpelihara dengan baik.

Sementara itu, mengenai peluang sister city Yogyakarta dengan salah satu kota di Pakistan, Burhan mengatakan akan menindaklanjutinya karena nilai-nilai adiluhung Yogyakarta perlu ditularkan ke Pakistan dalam membangun semangat unity in diversity. Sedangkan kota yang akan dijajaki kemungkinan adalah Lahore yang merupakan pusat budaya Pakistan. (hdi)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY