BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Pemda DIY Gelar Pesona Budaya Nusantara 2014 di Anjungan TMII Jakarta

Pemda DIY Gelar Pesona Budaya Nusantara 2014 di Anjungan TMII Jakarta

Kebudayaan merupakan salah satu pilar pembangunan DIY, selain pendidikan dan pariwisata. Sehingga kebudayaan memiliki posisi penting, apalagi dengan ditetapkannya Undang Undang No. 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Posisi kebudayaan semakin kuat karena kebudayaan menjadi payung atau sebagai pengarusutamaan pembangunan di segala bidang


Demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Biro Administrasi
Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta Hendar Susilowati, SH di Anjungan DIY Taman Mini Indonesia Indah dalam acara Gelar Pesona Budaya Nusantara 2014 selama? 2 hari yang berakhir Sabtu malam? lalu (06/09)


Lebih lanjut Gubernur mengatakan DIY memang kaya
akan budaya, sangat menarik dan memikat di mata dunia. Bagaimana tidak, akal dan budi penduduk DIY yang sangat kreatif dan inovatif, mampu melahirkan budaya yang bernilai seni tinggi dan diapresiasi oleh kalangan internasional. Batik adalah contoh yang paling umum, selain menjadi ciri khas busana tradisional penduduk, kini batik menjadi salah satu busana yang digunakan untuk fashion internasional.

Sedangkan Bupati sleman H. Sri Purnomo dalam sambutannya menginformasikan bahwa pasca erupsi merapi, masyarakat sleman telah bangkit dan kembali dapat menjalankan kehidupannya dengan normal bahkan masyarakat di lereng merapi dapat menjalankan usaha volcano tour yang mampu menjadi sumber penghidupan. Kami berharap dari momen ini, ibu/bapak sekalian dapat menyebarluaskan informasi mengenai potensi Kabupaten Sleman, sehingga akan banyak wisatawan yang mengunjungi sleman. Kesempatan ini juga merupakan wahana mempererat hubungan kerjasama, dan ? harapkan kami? kerjasama tersebut dapat ditingkatkan di bidang bidang lainnya. Dan akhirnya hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gelar budaya nusantara 2014 tersebut menampilkan kesenian dari Kabupaten Sleman yakni tari ''Peksi Eka Kapti Burung Punglor, Reog Keprajuritan dan Kasampurnaning Dumadi. Hadir dalam kesempatan tersebut masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam paguyuban masyarakat dari kabupaten dan Kota Yogyakarta? yang ada di Jakarta. Duta Besar 15 Negara sahabat diantaranya Philipina, China, irlandia dan suriname.

Selain rangkaian acara pentas juga? ada penyerahan? cindera mata? dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta kepada? para Duta Besar yang hadir di acara Gelar Pesona Budaya .(bin/skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY