BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Penutupan Sertifikasi Alumni PSKW Yogyakarta

Penutupan Sertifikasi Alumni PSKW Yogyakarta

Ucapan selamat datang dalam bahasa Inggris meluncur dengan mulusnya dari lisan manis Dewi Rahma Ikhsanti saat menyampaikan ucapan selamat datang kepada para hadirin yang menghadiri Penutupan Sertifikasi Alumni PSKW Yogyakarta tadi pagi, Kamis (18/09) di Panti PSKW (Panti Sosial Karya Wanita) yang belokasi di Cokrobedog, Sidoarum, Godean Sleman. Bahkan sambutan tersebut dilafalkan pula dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa olah dua rekan lainnya, yaitu Miatri dan Kamelia.

?

Kegiatan sertifikasi tersebut merupakan agenda tahunan PSKW yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kepercayaan diri alumni denganccara memberikan pelatihan ketrampilan yang terstandarisasi yang dikuatkan dengan bukti sertifikat ketrampilan guna mendukung persaingan kerja maupun usaha mandiri di dalam masyarakat.

Untuk tahun 2014 ini, kegiatan sertifikasi diikuti 20 orang alumni yang terdiri dari 19 orang dan satu orang telah mendirikan usaha mandiri.

Selain program sertifikasi PSKW yogyakarta juga memberikan bantuan non sertifikasi bagi 20 orang alumni yang belum berkesempatan mengikuti sertifikasi yang terdiri dari : 7 paket bantuan untuk alumni ketrampilan jahit, 6 paket bantuan untuk alumni ketrampilan tata rias/salon, 5 paket bantuan untuk alumni ketrampilan olahan pangan dan 2 paket bantuan untuk alumni ketrampilan batik.

Menurut Rujito PSKW Yogyakarta dalam memberikan ketrampilan kepada anak didiknya yang berasal dari lingkup DIY, telah menjalin kerjasama baik dengan pemerintah, LSM/LKS maupun dengan pihak swasta. Selain itu PSKW Yogyakarta juga terus mengembangkan inovasi program untuk meningkatkan kualitas pelayanan untuk mengimbangi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Penyerahan sertifikat hasil sertifikasi diberikan oleh Kepala Bidang Resos Dinas Sosisal DIY, Drs. Eko Darmanto, Msi, kepada perwakilan siswa yang menekuni bidang jahit, tata rias dan olahan pangan/boga.

Dalam kesempatan itu pula hasil karya anak didik dipamerkan dalam acara tersebut berupa peragaan busana baik untuk acara formal maupun in formal, kebaya pengantin maupun baju pesta. Selain itu diadakan pula demonstrasi masak serta peragaan busana pengantin lengkap dengan ?uba rampenya? seperti layaknya upacara adat pengantin Jawa. (teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY