BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Peran Media dan Humas Dalam Menyongsong Komunitas ASEAN 2015

Peran Media dan Humas Dalam Menyongsong Komunitas ASEAN 2015

Kerjasama ASEAN memegang peran kunci dalam pelaksanaan kerjasama Internasional Indonesia, karena merupakan lingkaran konsentris terdekat di kawasan Asia Tenggara, dan menjadi pilar utama pelaksanaan politik luar negeri Indonesia. Selama lebih 4 (empat) dasawarsa, telah banyak capaian-capaian yang diraih dan sumbangsih yang diberikan ASEAN bagi Negara anggotanya. Salah satu yang terpenting adalah terciptanya perdamaian dan stabilitas kawasan, sehingga pembangunan khususnya di Indonesia dapat terus dilaksanakan dan pertumbuhan ekonomi Negara-negara ASEAN juga terus mengalami peningkatan. Sampai dengan saat ini, ASEAN telah banyak mengalami perubahan dan perkembangan positif yang signifikan. Di mana kerjasama ASEAN sekarang ini tengah menuju pada tahapan baru yang lebih integrative dan berwawasan ke depan, yakni melalaui pembentukan ASEAN Community atau Komunitas ASEAN 2015.

Demikian Sambutan Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY Ir. Sigit Haryanta, MT dalam acara Working Dinner dengan para pengelola Media, Pejabat Penhumas dan Komunitas Blogger Daerah Istimewa Yogyakarta di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta tadi malam Kamis (18/09).

Lebih lanjut Kepala Biro Umum Humas dan Protokol DIY menyampaikan bahwa seluruh Negara ASEAN tengah mempersiapkan diri dalam menyongsong Komunitas ASEAN 2015 tersebut, tak terkecuali Indonesia. Namun yang menjadi pertanyaan besar kita adalah : sudah sejauh mana kesiapan Indonesia dalam menghadapi Komunitas ASEAN 2015 nanti. Hal inilah yang perlu kita renungkan dan harus segera kita cari jalan keluarnya. Sehingga pada tahun 2015 nanti bangsa Indonesia telah benar-benar siap dan dapat mengambl peluang dalam menghadapi komunitas ASEAN.

Sedangkan Duta Besar Eddi Hariyadi Pejabat Senior Kementerian Luar Negeri RI selaku pembicara mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosialisasi komunitas ASEAN 2015. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemlu RI c.q Direktorat Jenderal Kerja sama ASEAN untuk memasyarakatkan ASEAN terutama pembentukan Komunitas ASEAN 2015 serta menyiapkan daya saing yang kuat dari masyarakat Indonesia dalam menyambut komunitas ASEAN tahun 2015.

Hadir dalam kesempatan tersebut para pengelola Media (cetak, elektronik, online, televisi dan Radio) Pejabat Penhumas dan Komunitas Blogger Daerah Istimewa Yogyakarta. (bin)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY